Ahad 03 Apr 2022 04:27 WIB

3 Tokoh Perempuan Hebat dalam Sejarah Islam

Sejarah peradaban Islam tak pernah lepas dari kiprah dan peran kaum perempuan.

Foto: republika
Tiga Tokoh Perempuan Hebat dalam Sejarah Islam

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Tokoh Perempuan Hebat dalam Sejarah Islam  

Sejarah peradaban Islam tak pernah lepas dari kiprah dan peran kaum perempuan. Ibnu Sa’ad misalnya, dalam magnum opus-nya di bidang biografi “ath- Thabaqat al-Kubra” hanya memasukkan 629 nama perempuan, dari total 4250 entri para tokoh yang ia catat. 

Persentasenya hanya sekira 15 persen. Berikut di antara 3 nama utama tokoh perempuan hebat yang diabadikan dalam sejarah Islam:   

 

 

>Aisyah

 Putri dari Abu Bakar as-Shiddiq ini adalah istri Rasulullah SAW. Julukannya yang terkenal al-humaira’, tersohor dengan kecerdasannya. Ia banyak hafal dan meriwayatkan, totalnya 2.210 hadis.  Aisyah wafat pada 57 H di usia 66 tahun dan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Baqi’ di Madinah.  

>Rabiah al-Adawiyah

Pemilik nama lengkap Rabi’ah binti Ismail al-Adawiyah al-Bashriyah ini merupakan tokoh sufi perempuan.Dikenal dengan sebutan the mother of the grand master atau Ibu para sufi besar. Inspirasi dalam dunia tasawuf, baik di kalangan Islam atau Barat seperti Masignon dan Nicholoson. 

>Zubaidah

Permaisuri dari Khalifah Dinasti Abbasiyah, Harun al-Rasyid. Ia dikenal sebagai sosok yang dermawan. Inisiatifnya adalah Mata Air Zubaidah yang sangat bermanfaat bagi jamaah haji ketika itu. 

“Jalur Zubaidah” ini meliputi Kufah, di Irak hingga Rafha, yang berbatasan dengan Saudi, lalu Rafha hingga Fida, dan berakhir di Makkah. Ia wafat di Baghdad pada 212 H.  

Pengolah: Nashih Nashrullah 

Republika/berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement