Sabtu 02 Apr 2022 18:38 WIB

Termbreak Sarana Siswa Ekspresikan Diri

Termbreak diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi dalam pembelajaran.

Salah satu kegiatan pekan termbreak yang dilaksanakan oleh siswa SD Bina Insani, 28-31 Maret 2022.
Foto: Dok SBBI
Salah satu kegiatan pekan termbreak yang dilaksanakan oleh siswa SD Bina Insani, 28-31 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Setelah genap satu minggu mengadakan  PTS (Penilaian Tengah Semester) di Semester Genap 2022, seperti biasa SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggelar  acara termbreak. Kegiatan termbreak kali ini merupakan kegiatan termbreak terakhir di tahun pelajaran 2021/2022. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu yakni 28-31 Maret 2022 ini diikuti semua siswa-siswi mulai dari kelas 1 sampai 6 SD.  Dalam sambutannya secara daring, Kepala SD Bina Insani, Dra Eka Rafikah menyampaikan bahwasannya kegiatan termbreak merupakan sarana mengeksperikan diri setiap anak dengan ragam kegiatan yang berkesan dan menyenangkan. 

“Pekan termbreak dilaksanakan secara daring dan luring (dengan prokes ketat dan 50 persen  siswa yang hadir). Adapun kegiatan di setiap paralel kelas berbeda-beda disesuaikan dengan tema kelas masing-masing,” kata Eka Rafikah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (2/4). 

Ia menambahkan, selama satu minggu kegiatan di kelas 1 berupa menanam tanaman kangkung, fun cooking video, demo cooking class dan makan bersama, video tutorial, latihan bersama dan penampilan tari bunga matahari, dan hari terakhir ditutup dengan video tour kuntum farmfield dan piknik bersama secara daring. 

Sementara kegiatan menyenangkan di kelas 2 yakni menyanyi, tutorial dan praktik menanam jagung, menyanyi dan menarik, tutorial dan praktik membuat hiasan kulit jagung dilanjutkan dengan gerak dan lagu, menonton tayangan tentang hewan. “Selain itu, membuat topeng hewan, membuat jasuke (jagung, susu, keju) dan diakhiribdengan virtual tour ke kebun binatang,” ujarnya. 

Di sisi lain,  kelas 3 melakukan praktik baik berupa membuat dan menggunting pola, menjahit pola ke bahan dasar, menjahit keliling bantal, kompilasi video terbaik siswa menyanyi lagu Selamat Pagi Matahari, games dan bernyanyi bersama, memasukan dacron, menjahit menutup bantal, membuat parasut dari kantung keresek dan kegiatan terakhir yakni virtual tour ke SMK 1 Kemang, Bogor,  tentang penggunaan panel surya sebagai energi alternatif. 

Sementara kegiatan di kelas 4 seperti menyanyikan lagu daerah, menonton karya seni berbagai daerah, menonton tutorial dan praktik meronce, menanam tanaman, membuat karya tulis, dan  cosplay performances. Kegiatan diakhiri dengan tayangan, pesan dan kesan mengikuti termbreak. 

photo
Kepala SD Bosowa Bina Insani, Dra Eka Rafikah.  (Foto: Dok SD BBI)

Di kelas 5 kegiatannya berupa penayangan tutorial pembuatan diorama dan proses pembuatannya, historia amazing race dan kegiatan di akhirnya berupa penayangan tutorial pembuatan anyaman kertas dan proses pembuatannya. 

Di kelas 6 kegiatannya berupa membuat kartu ucapan dengan Canva, membuat lukisan kaca, membuat parsel Ramadhan dan di hari terakhir kegiatan diitutup dengan pendistribusian parsel kepada satpam, OB dan marbot. 

“Semoga kegiatan ini dapat memotivasi siswa-siswi dalam pembelajaran. Ucapan terima kasih kepada semua para guru di lingkungan SD Bina Insani sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” tambah Eka. 

Di hari terakhir Kamis, 31 Maret 2022, Ms Eka memberikan pesan dan kesannya saat penutupan secara daring agar praktik baik yang telah dilakukan selama termbreak dapat dilanjutkan dan dibiasakan di rumah dan lingkungan sekitar. Misalnya menaman jagung, kangkung dan merawat tanaman dengan baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement