Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Hadapi Era Transformasi Digital, Ini yang Perlu Dilakukan Perusahaan

Ahad 03 Apr 2022 02:02 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Acara webinar dengan tema Peran Digital Talent dalam Mendorong Transformasi Perusahaan

Acara webinar dengan tema Peran Digital Talent dalam Mendorong Transformasi Perusahaan

Foto: Istimewa
Transformasi digital merupakan cara perusahaan untuk jadi lebih efektif dan efisien.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengapa perusahaan menempuh jalan transformasi digital? Jawabannya, tentu ini adalah tuntutan pasar yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh perusahaan guna mempertahankan eksistensi dan juga kemampuan perusahaan untuk bersaing. Transformasi digital ini adalah cara bagi perusahaan untuk menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Definisi dari transformasi digital yakni proses berubahnya sistem di sebuah perusahaan baik secara internal maupun secara layanan yang diberikan kepada konsumennya dengan memanfaatkan teknologi digital, guna mencapai kualitas pelayanan yang lebih efektif dan juga efisien. Lalu, apa yang menjadi dasar persiapan perusahaan menuju transformasi digital?

"Transformasi Digital adalah sebuah keniscayaan, prinsipnya adalah terlibat atau terlibas. Tentu kita harus jadi yang terlibat dalam mengakselerasi transformasi digital di Indonesia," kata Usman Kansong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rilisnya, Sabtu (2/4/2022).

Ada beberapa poin yang sangat esensial dan menjadi dasar dari perubahan perusahaan secara digital. Antara lain adalah kesiapan SDM yang harus mampu bersaing dengan memiliki skill set yang kuat di bidang teknologi informasi digital.

Perusahaan juga harus mampu mendorong SDM nya untuk memiliki skill ini dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan pengembangan SDM secara menyeluruh.

Lalu, selanjutnya adalah untuk menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat, dengan demikian SDM bisa memberikan potensi terbaiknya bagi perusahaan.

“Peningkatan kemampuan individu menjadi jauh lebih penting, guna mendorong transformasi digital di  perusahaan. Pelatihan-pelatihan terkait dengan teknologi digital juga bisa diberikan oleh lembaga-lembaga pendidikan seperti Universitas terhadap para karyawan," kata Rina Pudji Astuti selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama Universitas Telkom.

Lalu apa pengaruhnya pengembangan SDM dengan pengaruh terhadap Transformasi Digital? Tentu sangat berpengaruh, di mana SDM yang tepat dapat membantu akselerasi perusahaan dalam menjawab tantangan pasar untuk layanan dan produk yang lebih efektif dan efisien.

Sehingga, mempersiapkan SDM yang tepat dapat membantu mempercepat proses transformasi digital. Selain daripada pengemembangan sumber daya yang lainnya seperti teknologi, investasi, serta regenerasi lainnya.

Dalam diskusi ini, juga dinyatakan bahwa, pengembangan SDM merupakan poin yang paling esensial dan memang ada resiko-resiko yang mungkin terjadi, terutama terhadap para SDM yang tidak sesuai lagi dengan visi dan misi perusahaan yang hendak bertransformasi secara digital, namun ini adalah solusi.

Perusahaan juga banyak menerima fresh graduate yang walaupun minim pengalaman, namun sudah memiliki skill set yang memang dibutuhkan oleh perusahaan dalam bertransformasi secara digital.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA