Buat Ramadhan Lebih Semarak, TikTok Hadirkan Tantangan Hingga Ngabuburit dengan Kreator

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Sabtu 02 Apr 2022 07:24 WIB

Logo aplikasi TikTok. Pengguna kerap mencari inspirasi di platform TikTok yang dianggap mampu membantu mereka menjalani Ramadhan dengan lebih seru dan melakukan persiapan beribadah dengan lebih matang. Foto: AP/Kiichiro Sato Logo aplikasi TikTok. Pengguna kerap mencari inspirasi di platform TikTok yang dianggap mampu membantu mereka menjalani Ramadhan dengan lebih seru dan melakukan persiapan beribadah dengan lebih matang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform video singkat TikTok  menyambut bulan suci Ramadhan dengan meluncurkan kampanye bertajuk #SerunyaRamadan. Mengangkat konsep festival daring, berbagai program menarik dihadirkan untuk menemani pengguna TikTok menjalani puasa hingga 3 Mei 2022.

Dengan berbagai perubahan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir, Ramadhan tetap menjadi salah satu momen penting yang dinantikan umat Islam. Hal tersebut terlihat dari perilaku pengguna TikTok yang terangkum dalam laporan "Ramadan 2022 with TikTok: Igniting Joy".

Baca Juga

Berdasarkan laporan itu, 76 persen pengguna TikTok tetap berkeinginan untuk merayakan Ramadhan dengan penuh kebahagiaan seperti di tahun-tahun sebelum pandemi. Untuk itu, pengguna kerap mencari inspirasi di platform TikTok yang dianggap mampu membantu mereka menjalani Ramadhan dengan lebih seru dan melakukan persiapan beribadah dengan lebih matang.

Content and Growth Operations Lead TikTok Indonesia, Mahwari Sadewa Jalutama, menjelaskan bahwa kampanye #SerunyaRamadan menghadirkan berbagai program. Ada tantangan TikTok, sesi live stream TikTok LIVE, hingga program ngabuburit dengan kreator dan selebritas.

Menurut Mahwari, Ramadhan tahun ini mungkin akan terasa berbeda dengan semakin terbukanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan luring. Tidak seperti dua tahun ke belakang, tahun ini masyarakat bisa lebih leluasa melakukan "sahur on the road", buka puasa bersama, beribadah di masjid, dan mudik. TikTok hendak menemani pengguna sebagai sumber hiburan dan inspirasi.

"Harapannya, pengguna bisa mendapat inspirasi untuk menjadikan Ramadan dan Lebaran kali ini lebih semarak, baik saat merayakannya secara langsung maupun virtual," kata Mahwari lewat pernyataan resminya.

Inspirasi menu sahur dan berbuka dapat dicari pengguna lewat tagar #KulinerSeruRamadan, ngabuburit sambil belajar hal baru dengan tagar #InspirasiSeruRamadan. Pengguna juga dapat menikmati santapan berbuka sembari menyaksikan #HiburanSeruRamadan untuk kategori komedi.

Konten "Seputar Ramadan" lain di TikTok misalnya bersiap untuk menjalani bulan puasa dengan penuh gaya dengan inspirasi fashion dari #GayaSeruRamadan. Pengguna aplikasi pun dapat merekam momen perayaan hari kemenangan melalui tagar #SerunyaLebaran.