Selasa 10 May 2022 12:19 WIB

Efektif Jadi Media Periklanan, Ini Pengertian Reklame, Fungsi, dan Berbagai Jenisnya

Reklame adalah sebuah media yang difungsikan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Berikut tujuan, fungsi, hingga jenis-jenisnya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Reklame
Reklame

Tidak jarang di setiap sudut kota kamu akan melihat reklame yang menunjukkan iklan produk ataupun menyampaikan informasi penting kepada khalayak umum. Dengan ukurannya yang besar dan biasanya didesain dengan gambar serta tulisan yang mencolok, reklame tidak pernah gagal menarik perhatian setiap orang yang melintas.

Ya, karena perannya tersebut reklame masih kerap dijadikan sebagai salah satu media periklanan yang efektif dan mampu memberikan engagement yang besar. Namun, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan reklame tersebut? Juga, apa saja fungsi dan tujuan media ini yang membuatnya masih efektif menjadi sarana menyampaikan informasi kepada masyarakat luas?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan mengenai apa arti reklame, fungsi, tujuan, ciri, dan beragam jenisnya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Advertisement, Tujuan, Komponen, dan Juga Berbagai Jenisnya

Apa Arti Reklame?

Apa Arti Reklame

Apa Arti Reklame?

Reklame adalah sebuah media yang umumnya difungsikan untuk menyampaikan informasi dengan singkat pada khalayak umum secara kontinu. Penggunaan media tersebut bisa berupa teks, gambar, audio, atau kombinasi dari semuanya. 

Pada dasarnya, media ini berisi gambar mencolok yang berkaitan dengan produk yang ingin dipromosikan, maupun pesan lainnya yang akan disampaikan. Tujuan utama dari media periklanan ini adalah untuk memicu reaksi dari publik dan pihak yang melihatnya agar tertarik untuk melakukan arahan atau hal yang disampaikan. 

Definisi Reklame Berdasarkan Ahli

Selain pengertian secara umum di atas, ada pula definisi reklame yang disampaikan oleh beberapa ahli, antara lain sebagai berikut.

  • Barata

    Menurut Barata, reklame adalah sebuah aktivitas yang memiliki tujuan untuk menyampaikan ide, maupun informasi mengenai sebuah produk atau jasa. Dengan begitu, perhatian dari orang-orang yang melihatnya bisa didapatkan dan membuatnya merasa tertarik terhadap ide maupun iklan produk yang telah diinformasikan di dalamnya.

  • Panji

    Sementara menurut Panji, reklame adalah segala bentuk aktivitas yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan jasa atau barang, maupun hal lainnya guna menarik perhatian publik. 

  • Kriyantono

    Menurut Kriyantono, media ini dapat dijelaskan sebagai sebuah bentuk komunikasi yang disampaikan tanpa personal serta memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan terkait penjualan sebuah produk, baik barang ataupun jasa. Melalui media tersebut pula pihak konsumen dapat lebih tertarik untuk membeli produk yang diiklankan di dalamnya.

Perbedaan Reklame dengan Iklan

 

Reklame

Iklan

Isi Konten

Disampaikan secara singkat dan padat. 

Selain itu, media ini juga biasanya dihiasi dengan gambar maupun seni grafis lainnya agar mampu menarik perhatian dan minat dari setiap pembacanya.

Dimuat dalam bentuk teks dan disampaikan secara panjang lebar juga mendetail mengenai sebuah produk yang ingin dipromosikan.

Jadi, walaupun secara tujuan dan fungsi sekilas terlihat mirip, baik reklame dan iklan memiliki beberapa perbedaan yang tidak sulit untuk dicermati. 

Baca Juga: Pajak Iklan: Jenis Pajak, Perhitungan Lengkap PPN dan PPh

Tujuan Reklame

Secara umum, tujuan dibuatnya reklame adalah untuk menyampaikan informasi menarik serta mengajak masyarakat untuk melakukan aksi atau kegiatan yang diinformasikan dalam media tersebut. Namun, ada pula tujuan berdasarkan dari pengadaannya, yaitu:

  • Komersial

    Dibuat untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum mengenai profil sebuah perusahaan, mengenalkan produk jasa atau barang, maupun hal lainnya yang berhubungan dengan bisnis. Dalam kata lain, tujuan dibuatnya media jenis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan atau engagement yang mampu meningkatkan penjualan produk. 

  • Non Komersial

    Biasanya dilakukan oleh pihak kedinasan, misalnya pemerintah, sekolah, dan lain sebagainya. Tujuan dari dibuatnya media jenis ini adalah untuk mengajak publik atau masyarakat dalam melakukan sejumlah aktivitas sesuai aturan pemerintah atau pihak yang membuatnya. 

Fungsi Reklame

Selayaknya tujuan, fungsi reklame juga dapat dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

Kebutuhan Bisnis

Kebutuhan Aktivitas Sosial

  • Mengajak masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk yang diinformasikan.
  • Memberi informasi terkait sebuah produk yang dipromosikan kepada masyarakat dengan jelas, singkat, dan menarik.
  • Memberi kesan positif terhadap konsumen mengenai sebuah merek, produk, maupun citra perusahaan yang diinformasikan.
  • Memberi rasa puas kepada konsumen terhadap sebuah produk.
  • Menjadi media komunikasi antara pihak penjual atau perusahaan dengan para konsumennya.
  • Mengajak masyarakat agar bersedia mengikuti dan menuruti aturan maupun peringatan sesuai dengan imbauan atau informasi yang disampaikan.
  • Meningkatkan kesadaran dari masyarakat mengenai bahaya, kejadian, risiko, peringatan, ataupun informasi lain yang memang penting untuk dimengerti. Sebagai contoh, spanduk yang berisi larangan untuk membuang sampah sembarangan, menjaga keamanan, dan lain sebagainya. 

Ciri-Ciri dan Karakteristik Reklame

Ciri-Ciri dan Karakteristik Reklame

Ciri-Ciri dan Karakteristik Reklame

  • Isi singkat, jelas, dan padat agar mampu memudahkan pembacanya untuk memahami informasi yang ingin disampaikan.
  • Dibuat dengan mencolok dan menarik. Karenanya, media ini harus diberikan gambar pada tempat yang tepat, penebalan font, maupun hal lainnya yang bisa menarik perhatian pembacanya. 
  • Informasi yang disampaikan di dalamnya juga harus dibuat dengan jujur dan dapat dibuktikan. 
  • Tendensi untuk dibuat secara berulang-ulang agar tujuannya dalam meningkatkan minat dan perhatian konsumen dapat tercapai. Hal ini berlaku pula pada reklame yang dibuat untuk tujuan non komersial atau gerakan sosial. 

Beberapa unsur di atas harus dipenuhi agar mampu memberikan kesan yang menarik, akurat, dan mampu mencapai tujuan. Tidak kalah pentingnya, usahakan untuk membuat reklame dengan desain dan tampilan grafis yang unik dan mencolok, serta memiliki ajakan yang dapat mengundang perhatian dari setiap orang yang melihatnya. 

Jenis-jenis Reklame

Jenis reklame ditentukan berdasarkan beberapa kategori, seperti pengadaan, sifat, tempat pemasangan, dan juga jenis medianya. 

  1. Berdasarkan Pengadaan

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis reklame berdasarkan pengadaan dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

    Komersial

    Non Komersial

    Dibuat untuk kepentingan bisnis, dan bertujuan mendapatkan peningkatan penjualan. 

    Ditujukan untuk mengajak, mengimbau, maupun menyampaikan informasi sehingga pembaca mau mengikuti pesan yang disampaikannya. Contoh reklame non komersial adalah ajakan untuk taat bayar pajak, tertib lalu lintas, donor darah, dan sebagainya. 

  2. Berdasarkan Sifat

    Penerangan

    Peringatan

    Ajakan

    Bersifat informatif dan menyampaikan pesan penting pada masyarakat.

    Mempunyai nada peringatan kepada masyarakat maupun pengguna jalan dengan menggunakan gambar yang mencolok.

    Berisi nada ajakan pada pembacanya untuk mengikuti sebuah permintaan sesuai dengan isinya. 

  3. Berdasarkan Tempat Pemasangan

    Indoor

    Outdoor

    Media ditempatkan di dalam ruangan, dan umumnya memiliki ukuran tidak terlalu besar, contohnya adalah brosur, etiket, dan leaflet.

    Dipasang di luar ruangan, biasanya berukuran besar, dan terbuat dari bahan yang tahan air dan sinar matahari. Beberapa contohnya adalah spanduk, baliho, papan nama, dan sebagainya. 

  4. Berdasarkan Media

    Audio

    Visual

    Audio Visual

    Dibuat menggunakan media suara, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

    Dibuat dengan menggunakan gambar. Beberapa contoh reklame visual, antara lain, poster, spanduk, plakat, etiket, leaflet, brosur, logo, papan nama, dan baliho.

    Dibuat dengan memanfaatkan kombinasi dari media suara dan juga gambar akan memaksimalkan daya tariknya. 

Buat Reklame Semenarik Mungkin untuk Memaksimalkan Fungsinya

Reklame adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi maupun mengiklankan produk secara singkat kepada masyarakat. Selain harus disampaikan secara kontinu, media ini juga perlu dibuat dengan desain semenarik mungkin agar mampu memancing perhatian setiap orang yang melihatnya. Barulah dengan begitu fungsi dari reklame bisa didapatkan secara optimal. 

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Efektivitas Iklan Internet

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement