Ahad 03 Apr 2022 00:49 WIB

Mengenal Mizar dan Alcor, Bintang Ganda di Rasi Bintang Biduk

Mizar dan Alcor bisa dilihat berdampingan dengan mata telanjang.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Rasi bintang biduk atau Big Dipper
Foto: earth sky
Rasi bintang biduk atau Big Dipper

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Rasi bintang biduk adalah salah satu rasi bintang yang paling terkenal. Rasi bintang ini dikenal karena bisa menjadi petunjuk arah utara. Rasi bintang biduk terdiri dari tujuh bintang.

Salah satu bintang yang ada di rasi bintang ini adalah  Mizar. Mizar merupakan bintang ganda yang memiliki bintang pendamping redup yang disebut Alcor. 

Baca Juga

Sebagian besar bintang ganda kadang terlihat terlalu juah di teleksop. Namun, Mizar dan Alcor bahkan bisa dikenali dengan mata telanjang saja.

 

Dilihat dari posisinya di rasi bintang, Mizar merupakan bintang tengah dari pegangan Biduk. Jika Anda perhatikan dengan seksama, Anda dapat melihat Alcor yang lebih redup di sebelah Mizar.

Mizar dan Alcor secara historis telah digunakan untuk menilai penglihatan seseorang. Bahkan mereka yang memiliki penglihatan buruk pun dapat melihat kedua bintang, terutama jika mereka menatap ke langit yang gelap dan cerah. Dua bintang ini dijuluki kuda dan penunggangnya di pegangan Biduk ini. 

Mizar adalah bintang kuadruple

Mizar adalah bintang paling terkenal di Biduk yang telah ditulis berkali-kali dalam sejarah astronomi. Mizar merupakan bintang ganda pertama di dunia.

Sifat biner Mizar pertama kali ditemukan oleh biarawan Italia Benedetto Castelli sekitar tahun 1617. Sejak tahun 1650-an bintang ini menjadi favorit bagi pengamat.

Para astronom mengira bintang ganda adalah sesuatu yang lebih dari kesejajaran kebetulan dari bintang-bintang yang tidak berhubungan secara fisik. Mizar adalah bintang biner pertama yang diidentifikasi menggunakan metode spektroskopi. Pada tahun 1889, sebuah spektroskop mengungkap bahwa bintang itu terdiri dari dua set binar, yang artinya Mizar adalah bintang kuardruple.

Mizar dan Alcor

Para ilmuwan mengira Mizar dan Alcor tidak terhubung secara gravitasi dan tidak membentuk sistem bintang biner sejati untuk waktu yang lama. Baru pada tahun 2009 pengetahuan berkembang berkembang. Menurut kelompok astronom, Alcor adalah sistem biner yang terdiri dari Alcor A dan Alcor B. 

Para astronom sekarang percaya bahwa sistem biner Alcor sekarang dianggap terhubung secara gravitasi ke sistem quadruple Mizar. Hal tersebut membuat bintang "ganda" ini memiliki total enam bintang, tetapi kita hanya dapat melihat dua dengan mata telanjang.

Mizar dan Alcor telah terbukti bukan hanya sebagai ujian penglihatan manusia, namun juga ujian bagi batas penglihatan teknologi yang dibuat manusia. Mizar adalah karakter bintang empat, sedangkan Alcor adalah karakter bintang dua. Jadi apa yang kita pikir adalah dua bintang sebenarnya adalah enam bintang dalam satu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement