Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Perkenalan Innova EV Konsep, Toyota Ingin Pahami Potensi Pasar EV Tanah Air

Jumat 01 Apr 2022 19:36 WIB

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad

Tampak Kijang Innova EV yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Tampak Kijang Innova EV yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Foto: istimewa
Toyota telah menjual lebih dari 5.800 unit kendaraan elektrifikasi sejak 2009

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebagai bentuk komitmen terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mendorong teknologi ramah lingkungan di sektor otomotif, PT Toyota-Astra Motor melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 memperkenalkan Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak.

Direktur pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Jumat (1/4/2022) menyebutkan soal mobil listrik, Toyota sendiri saat ini telah memasarkan 11 line up kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Melalui berbagai model tersebut, Toyota telah berhasil menjual lebih dari 5.800 unit kendaraan elektrifikasi di Indonesia sejak 2009 dan diperkirakan memberi kontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sekitar 15 ribu ton.

Baca Juga

Anton juga memperkirakan pasar di Tanah Air akan terlebih dahulu diperkenalkan kendaraan hybrid gasoline sebelum diesel hybrid. Pihaknya juga berharap secara bertahap kendaraan listrik yang kini harganya masih mahal, akan turun dan teknologinya dapat diaplikasikan pada kendaraan kelas menengah yang dipasarkan di kisaran Rp 300 hingga 400 jutaan perunitnya. 

Dipilihnya Innova EV konsep etrsebut juga tidak terlepas dari posisi Kijang Innova yang kini telah berusia 45 tahun dan kehadiran Toyota yang telah 50 tahun di Tanah Air. "Innova EV merupakan mobil konsep, yang nanti saat dijual bisa saja ada bagian yang berbeda karena disesuaikan kebutuhan," kata Anton.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, agar bisa berperan optimal dalam pengembangan electric vehicle (EV), pengenalan Kijang listrik ini telah dibekali dengan proses quality and safety assurance yang dilakukan secara internal.

“Kehadiran Kijang Innova EV Konsep menjadi bukti bahwa Toyota sangat memperhatikan dan mendukung kebijakan Pemerintah dalam membangun ekosistem yang ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia ke depannya,” kata Henry Tanoto.

Langkah Toyota tersebut sekaligus menjadi bukti kuat bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun ekosistem industri kendaraan listrik dengan menggunakan basis brand nasional.

Meski belum memasuki tahap komersial, Kijang Innova EV Concept tak hanya telah melalui tahap quality and safety assurance tapi juga telah melalui tahap pengujian sesuai dengan standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” kata Henry.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA