Masjid Al Azhar Jakarta Selatan akan Gelar Shalat Tarawih Malam Ini

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko

Jumat 01 Apr 2022 17:17 WIB

Pekerja saat akan mengecat bangunan Universitas Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (8/3). Perawatan bangunan di lingkungan Masjid dan Universitas Al-Azhar itu dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Republika/Putra M. Akbar Foto: Republika/Putra M. Akbar Pekerja saat akan mengecat bangunan Universitas Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (8/3). Perawatan bangunan di lingkungan Masjid dan Universitas Al-Azhar itu dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Walaupun pemerintah masih menunggu hasil Rukyah untuk menetapkan 1 Ramadhan 1443 H tahun ini, namun beberapa jaringan masjid sudah mengagendakan akan tetap shalat taraweh Jumat malam ini (1/4/2022), dan memulai puasa pertama tahun ini pada Sabtu (2/4/2022). Salah satunya jaringan masjid Al Azhar, seperti Masjid Agung Al Azhar di Jakarta Selatan.

Sesuai agenda yang telah direncanakan, Masjid Agung Al Azhar akan tetap menggelar Shalat Taraweh malam ini. Sebagaimana Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar sebelumnya juga telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Sabtu tanggal 2 April 2022 dan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022.

Baca Juga

Ketetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al Azhar nomor 010/II/KEP/YPIA-P/1443.2022. Penetapan tersebut diputuskan dalam sidang tertutup bersama Dewan Syariah Al Azhar dan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar pada tanggal 17 Februari 2022.

Sebelum sidang tertutup, telah diselenggarakan Seminar Nasional Majelis Mudzakarah YPI Al Azhar di Aula Buya Hamka Masjid Agung Al Azhar, Jalan Sisingamangaraja Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis 17 Februari 2022 lalu.

Majelis Mudzakarah digelar secara terbatas melalui hybrid dan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Peserta undangan terdiri atas perwakilan sekolah, unit kegiatan dan yayasan kerjasama mengikutinya secara daring.

Hadir dalam Majelis Mudzakarah sebagai narasumber antara lain Prof. Dr. H. Susiknan Azhari, M.A (Majelis Tarjih dan Tajdid PP. Muhammadiyah), Dr. KH. Slamet Hambali, M.Si (Lajnah Falakiyah PBNU) dan Prof. Dr. Moedji Raharto (Koordinator Prodi Sains Atmosfer, Jurusan Sains ITERA) dengan tema kegiatan “Mudzakarah menguatkan ukhuwah dan tasamuh”.