Nasyiatul Aisyiyah: Ramadhan, Bulan Tingkatkan Spiritualitas-Kohesifitas

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Jumat 01 Apr 2022 17:03 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah (PPNA) Dyah Puspitarini mengatakan, bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk meningkatkan spiritualitas. 

"Bulan Ramadhan adalah bulan meningkatkan spiritualitas dan kohesifitas. Spiritualitas dalam konteks profetik yang mendasarkan pada transendensi, liberasi dan humanisasi," kata Dyah pada Jumat (1/4/2022).

 

"Sebagai muslimah, dalam konteks ini peran selama bulan Ramadhan juga bernilai sama. Transendensi, liberasi, humanisasi, sebagai muslimah harus mendekatkan diri pada Allah dalam nilai-nilai islamiyah," lanjut Dyah.

 

Adapun bulan Ramadhan akan menjadi momen yang lebih mendekatkan diri seorang hamba dengan Allah Ta'ala. Di bulan ini seorang muslim diwajibkan untuk ikut berpuasa, dan amalan puasa adalah khusus untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

"Maka muamalah, ibadah yang dilakukan dengan pendekatan nilai kemanusiaan sebagai pembentukan karakter islam yang rahmatan lil 'alamiin," kata Dyah.

 

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) juga menggelar sidang isbat penentu awal Ramadhan pada Jumat (1/4). Masyarakat diminta untuk memantau hasil sidang Isbat untuk mengetahui kapan puasa Ramadhan dimulai.