Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Sandal Jepit, Sisi Lain Kesederhanaan Rasulullah SAW Sang Pemimpin Umat

Jumat 01 Apr 2022 16:22 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Sandal Nabi Muhammad SAW yang tersimpan di Istanan Topkapi, Istanbul, Turki. Sandal Rasulullah SAW cerminkan kesederhanaan beliau

Sandal Nabi Muhammad SAW yang tersimpan di Istanan Topkapi, Istanbul, Turki. Sandal Rasulullah SAW cerminkan kesederhanaan beliau

Foto: Tangkapan layar dari buku Mengenal Pribadi Ag
Sandal Rasulullah SAW cerminkan kesederhanaan beliau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Potret kesederhanaan Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam tampak dari busana dan atribut yang dipakai sehari-hari.  

Dalam sebuah riwayat, Qatadah radhiyallahu ‘anhu, pernah bertanya kepada Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu

Baca Juga

قلتُ لأنسِ بنِ مالكٍ : كيف كان نعلُ رسولِ اللهِ ؟ قال : لهما قِبالانِ Bagaimanakah sandal Rasulullah SAW itu? Anas menjawab, “Kedua belahnya mempunyai tali qibal." Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar dari Abu Daud at-Thayalisi dari Hammam yang bersumber dari Abu Qatadah RA. 

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu pernah bercerita, “Sandal Rasulullah SAW mempunyai dua tali qibal yang talinya. 

M Tarsyi Hawi penerjamaah kitab Asy-Syamail al-Muhammadiyyah karangan Imam At Tirmidzi, mengatakan tali qibal ialah tali sandal yang bersatu pada bagian mukanya dan terjepit di antara dua jari kaki bercabang dua. 

Diriwayatkan Abu Kuraib Muhammad bin al-A'la dari Waki dari Sufyan dari Khalid al-Hadzai dari Abdullah bin Harits yang bersumber dari Ibnu `Abbas RA. Dalam suatu riwayat, 'Isa bin Thahman bercerita:  

أَخْرَجَ إلَيْنَا أَنَسٌ نَعْلَيْنِ جَرْدَاوَيْنِ لهما قِبَالَانِ، فَحدَّثَني ثَابِتٌ البُنَانِيُّ بَعْدُ، عن أَنَسٍ أنَّهُما نَعْلَا النبيِّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ

"Anas bin Malik ra mengeluarkan (memperlihatkan) sepasang sandal yang tak berbulu (kulitnya) kepada kami. Sandal itu mempunyai dua tali qibal.” Isa bin Thahman selanjutnya berkata, "Kemudian Tsabit menerangkan kepadaku, yang katanya bersumber dari Anas bin Malik ra bahwa keduanya adalah sandal Nabi SAW. 

Diriwayatkan oleh Ahmad bin Mani (dan Yaqub bin Ibrahim) dari Abu Ahmad az-Zubairi yang bersumber dari `Isa bin Thahman. 

'Ubaid bin Juraih' bertanya kepada Ibnu 'Umar ra, “Kulihat Anda memakai sandal Sibtiyah (sandal kulit yang tak berbulu).” Selanjutnya Ibnu Umar ra menjelaskan, "Sungguh aku melihat Rasulullah SAW memakai sandal tak berbulu dan ia berwudlu dengan memakai sandal itu. Oleh sebab itu, aku senang memakainya." Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa al-Anshari dari Ma'an dari Malik dari Said bin Sa'id al-Maqbari yang bersumber dari `Ubaid bin Juraih RA. 

Abu Hurairah ra pernah bercerita, "Sandal Rasulullah saw mempunyai dua tali qibal." Diriwayatkan oleh Ishaq bin Manshur dari 'Abdurrazzaq dari Maimar dari Ibnu Abi Dzi'b dari Shalih, bekas budak Tauamah, yang bersumber dari Abu Hurairah RA.  

Amr bin Huraits radhiyallahu ‘anhu bercerita: "Aku melihat Rasulullah shalat memakai sandal yang dijahit" Diriwayatkan oleh Ahmad bin Mani', dari Abu Ahmad dari Sufyan dari as-Saddi yang bersumber dari 'Amr bin Huraits radhiyallahu ‘anhu.    

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA