Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Erik Ten Hag Dinilai Punya Kesamaan dengan Sir Alex Ferguson

Jumat 01 Apr 2022 09:47 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pelatih Ajax Erik ten Hag

Pelatih Ajax Erik ten Hag

Foto: . EPA-EFE/ERDEM SAHIN
Erik ten Hag memiliki perhatian pada detail dan organisasi seperti Ferguson.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag dinilai memiliki kesamaan dengan manajer legendaris Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson. Ten Hag, yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat pelatih MU, memiliki perhatian pada detail dan organisasi seperti Ferguson. 

Pujian ini disampaikan sosok yang pernah bekerja sama dengan Ten Hag dan Ferguson, yakni Steve McClaren. McLaren bekerja sama dengan Ten Hag di FC Twente.

Baca Juga

Ten Hag dikaitkan erat dengan kepindahan ke Old Trafford, di tengah perburuan United untuk manajer permanen baru. Sebab pelatih interim Ralf Rangnick akan menjadi direktur di MU setelah musim ini berakhir. 

McClaren mengungkapkan, Ten Hag selalu punya perencanaan yang cermat, mampu menganalisis pertandingan secara langsung. dan merekomendasikan perubahan yang berpengaruh.

Menurut mantan manajer Inggris itu, satu-satunya pelatih yang dinilai memiliki kemampuan tersebut adalah Ferguson. "Kekuatan besarnya tidak hanya terletak pada perhatiannya terhadap detail dan organisasi. Dia memiliki filosofi yang jelas tentang bagaimana ia ingin bermain sepak bola, lingkungan yang ingin dia ciptakan," kata McClaren, dikutip dari Daily Mail, Jumat (1/4/2022).

McClaren mengatakan, program pengembangan pemain menjadi bagian penting dari Twente saat masih dipimpin Ten Hag. Ia melanjutkannia di Ajax, untuk setiap pemain dari akademi hingga tim utama. 

Ia mencontohkan, pemain yang sukses dididik oleh Ten Hag adalah Hakim Ziyech dan sekarang striker Brasil Antony. Apalagi, Ten Hag juga pernah bekerja dengan Pep Guardiola di Bayern Muenchen dan mengambil filosofinya juga.

"Erik sangat disiplin. Orang-orang harus menerima itu dan memiliki etos kerja itu. Secara taktik, dia luar biasa," katanya.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA