Jumat 01 Apr 2022 09:13 WIB

Southgate Percaya Diri Inggris Bisa Juara Piala Dunia

Southgate mengatakan timnya harus mendekati sempurna untuk juara Piala Dunia.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pelatih Inggris Gareth Southgate berbicara dengan pemain Inggris Harry Kane.
Foto: AP/Ian Walton
Pelatih Inggris Gareth Southgate berbicara dengan pemain Inggris Harry Kane.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jelang undian Piala Dunia 2022, Gareth Southgate menyatakan keyakinannya Inggris bisa menjuarai turnamen sepak bola paling bergengsi antarnegara tersebut. Namun, Southgate mengatakan timnya harus mendekati sempurna untuk bisa membawa pulang trofi dari Qatar. Kepercayaan diri, pengalaman dan keyakinan terus tumbuh di skuad Inggris, setelah jadi semifinalis Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020 musim panas lalu.

"Kami sudah bilang ke tim pekan ini, jika kami bisa mencapai semifinal, kami bisa mencapai final, dan kami sudah melakukannya. Kami bisa menang. Itu pasti," kata Southgate, dikutip dari Sky Sports, Jumat (1/4).

Baca Juga

Meskipun Southgate sadar untuk bisa memenangkan Piala Dunia pasti sangat sulit. Karena itu, ia ingin timnya harus menyempurnakan segalanya sebisa mungkin. Namun itu bagian dari tantangan timnya, bukan hanya pada saat di Qatar. Sebelum Piala Dunia digelar, timnya sudah harus berada di kondisi yang benar.

Southgate menilai timnya tampil konsisten dalam empat tahun terakhir. Meski demikian, Inggris hanya salah satu tim favorit yang bisa menjuarai Piala Dunia. Karena menurutnya ada beberapa tim lain yang juga punya potensi untuk juara. Inggris berada di pot 1 bersama enam negara dengan rating tertinggi di dunia ditambah tuan rumah Qatar.

Namun bahaya datang dari pot 2, yang diisi Jerman, Belanda dan Kroasia. Serta potensi negara Eropa lainnya seperti Skotlandia atau Wales yang belum menyelesaikan play-off. Namun ia percaya diri Inggris akan dihormati oleh lawan dan tim lain tidak akan mau menghadapi timnya. "Namun itu pedang bermata dua, karena beberapa tim akan mempersiapkan diri berbeda dengan Anda," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement