Jumat 01 Apr 2022 09:29 WIB

Ini Dia Deretan Fitur Baru Direct Message Instagram

Pengguna bisa membalas DM langsung dari feed tanpa harus masuk ke kotak pesan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram. Instagram memberikan pengguna beberapa opsi baru saat mengirim pesan langsung atau direct message (DM) di platform-nya.
Foto: EPA
Instagram. Instagram memberikan pengguna beberapa opsi baru saat mengirim pesan langsung atau direct message (DM) di platform-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Instagram memberikan pengguna beberapa opsi baru saat mengirim pesan langsung atau direct message (DM) di platform-nya. Salah satu opsi yang dinilai paling berguna adalah membalas DM langsung dari feed tanpa harus masuk ke kotak pesan. 

Selain itu, ada juga opsi mengirim pratinjau lagu dan melakukan polling dalam obrolan grup. Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan niat Instagram untuk fokus pada pengiriman pesan tahun ini dalam sebuah video yang diunggah pada akhir Desember.

Baca Juga

“Pesan adalah salah satu cara utama orang untuk terhubung secara daring pada saat ini. Instagram perlu merangkul fakta bahwa pengiriman pesan adalah bentuk komunikasi utama,” kata Mosseri.

Fitur pratinjau lagu akan menawarkan klip trek pendek 30 detik berkat integrasi dengan layanan streaming musik Apple dan Amazon serta dukungan Spotify yang akan segera hadir. Ada juga menu baru yang dapat diakses dari umpan Instagram utama dengan menekan lama tombol bagikan yang memungkinkan Anda membagikan ulang postingan dengan cepat ke empat teman terdekat Anda.

Fitur lain membawa DM Instagram sejalan dengan yang sudah ditawarkan di Facebook Messenger. Instagram menambahkan deretan gambar profil serupa di bagian atas kotak masuknya untuk menunjukkan kontak mana yang sedang online dan menghadirkan fitur polling Messenger. Seperti yang diumumkan sebelumnya, pintasan baru Messenger dapat mengirim pesan secara diam-diam tanpa membuat notifikasi juga hadir di Instagram dalam bentuk perintah @silent baru.

Dilansir The Verge, Jumat (1/4/2022), sebagian besar fitur ini sekarang tersedia secara global dan berbagi musiknya akan diluncurkan mulai Kamis (31/3/2022). Namun, Juru Bicara Instagram Christine Pai mengatakan di Eropa, Instagram tidak dapat menawarkan fitur seperti @silent, polling, atau menunjukkan siapa yang aktif di bagian atas kotak masuk karena undang-undang di wilayah tersebut. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement