Jumat 01 Apr 2022 06:49 WIB

Pupuk Indonesia Raih Indonesia Digital Innovation Award 2022

Pupuk Indonesia kembali mendapatkan penghargaan terhadap kinerja transformasi digital

Pupuk Indonesia kembali mendapatkan penghargaan terhadap kinerja transformasi digital.
Foto: Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia kembali mendapatkan penghargaan terhadap kinerja transformasi digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mendapatkan penghargaan terhadap kinerja transformasi digital. Perusahaan meraih The Most Innovative Food & Fertilizer Company for The Mervelous Development of Digital Business Operation System dalam ajang Indonesia Digital Innovation Award 2022 dari Warta Ekonomi.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruki menyatakan penghargaan ini adalah bentuk pengakuan publik atas berbagai program transformasi digital. Transformasi digital merupakan bagian dari program transformasi bisnis Pupuk Indonesia yang saat ini sedang digalakkan oleh perusahaan.

Baca Juga

“Penghargaan ini adalah momen penting bagi Pupuk Indonesia di ulang tahun ke satu dekade dalam melayani petani, pekebun, dan pengusaha agrobisnis di Indonesia,” ujar Panji saat menerima penghargaan secara virtual di Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Penghargaan ini diberikan berkat upaya perusahaan dalam memperkuat digitalisasi. Misalnya saja pengembangan Distribution Planning & Control System (DPCS) untuk mempermudah pengawasan distribusi pupuk dari produsen hingga ke distributor secara real time. Sistem ini dilengkapi fitur Early Warning System untuk mendeteksi kondisi stok di berbagai daerah sehingga dapat meningkatkan akurasi perencanaan distribusi.

photo
Pupuk Indonesia kembali mendapatkan penghargaan terhadap kinerja transformasi digital. - (Pupuk Indonesia)

Selain itu, Pupuk Indonesia juga sedang meningkatkan layanan pelanggan dengan melakukan uji coba aplikasi penebusan pupuk secara online melalui Retail Management System (RMS). Sistem ini dapat mempercepat distributor dan kios dalam memproses penjualan pupuk yang memiliki fitur point of sales dan terintegrasi dengan sistem di internal dan eksternal perusahaan.

Tak hanya itu, perusahaan juga diapresiasi atas implementasi aplikasi Digital Fertilizer yang dapat memonitor seluruh aspek performance pabrik sehingga dapat menunjang kinerja produksi dan meningkatkan efisiensi bahan baku. Perusahaan juga telah mengimplementasikan Single System Enterprise Resources Planning (ERP) SAP untuk mendukung proses bisnis yang lebih terintegrasi antara satu dan lainnya.

Panji menyebut program transformasi digital di Pupuk Indonesia adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing perusahaan. Program ini telah terbukti membawa dampak yang sangat positif bagi Pupuk Indonesia. Di antaranya dapat meningkatkan transparansi, kecepatan, efisiensi biaya produksi, distribusi, supply chain, dan sebagainya.

“Semoga hal ini menjadi titik tolak bagi kami untuk terus melakukan transformasi di Pupuk Indonesia, baik di holding maupun anak perusahaan,” ujar Panji.`

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement