Kamis 31 Mar 2022 22:56 WIB

Kementan Apresiasi Komitmen Dairi Kembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

Pemkab Dairi berupaya mengembalikan kejayaan kopi jenis Sidikalang

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pemkab Dairi berupaya mengembalikan kejayaan kopi jenis Sidikalang. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Pemkab Dairi berupaya mengembalikan kejayaan kopi jenis Sidikalang. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDIKALANG - Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian sekaligus Plt Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Ali Jamil mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dalam upayanya untuk mengembalikan kejayaan kopi jenis Sidikalang.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Dairi Eddy Berutu atas komitmen dan konsistensi Pemkab Dairi untuk memajukan pertanian di kabupaten ini," ujar Ali Jamil dalam acaragerakan tanam kopi (Gertaki) di Desa Parbuluan IV, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga

Ali menyampaikan Sumut memiliki tiga pusat karantina yang mestinya pada situasi ini bisa dimanfaatkan. Kementan hanya bisa berusaha memberi semangat ke setiap pihak terkait dalam pengembangan pertanian dan pertanian sesuai dengan tupoksinya. Selama berada di Kabupaten Dairi, Ali mengaku sudah melihat beberapa lokasi dipandu PT Wahana.

"Dairi harusnya tidak hanya menjual kopi. Negara Indonesia adalah penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Namun apabila bicara produktvitas, posisi Indonesia masih rendah yakni di bawah 1 ton/hektare per tahun padahal di luar bisa sampai 3ton/ha/tahun. Jangan hanya tanam kopi. Budidayakan juga tanaman lain. Dairi kan termasuk daerah dengan tanah paling subur di Sumut," ujarnya.

 

Ia mengatakan alasan Kementerian Pertanian memilih Kabupaten Dairi menjadi tempat pelaksanaan Program Gerakan Tanam kopi (Gertaki). Menurut Ali, Pemerintah Kabupaten Dairi dianggap serius dan berhasil melakukan program pengembangan kopi termasuk dengan menjalin pola kemitraan dengan off taker dan perbankan.

"Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian menyambut baik dan mendukung program yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah kepemimpinan Bupati Eddy Berutu", katanya.

Sekdakab Dairi, Budianta Pinem, menyebut Kabupaten Dairi yang merupakan dataran tinggi dengan 53 persen wilayah memiliki jeni tanah liparit yang sangat baik untuk perkebunan kopi. Pemkab Dairi selalu berupaya untuk meningkatkan produksi sebagai bentuk komitmen mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang. "Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memilih Dairi sebagai lokasi Gertaki ini. Ini momentum baik bagi kami, untuk lebih bersemangat mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement