Jumat 01 Apr 2022 03:35 WIB

Protes dan Mogok Kerja Buahkan Hasil, Pekerja Kelloggs Naik Gaji

Kenaikan gaji pekerja Kelloggs dinilai merupakan kekuataan serikat

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nur Aini
Beragam sereal keluaran Kellogg
Foto: AP
Beragam sereal keluaran Kellogg

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Ratusan pekerja Pabrik Kellogg's memenangkan kontrak baru dengan 15 persen kenaikan upah selama tiga tahun. Hal itu didapatkan setelah 1.400 pekerja ini mogok selama hampir tiga bulan, pada akhir 2021.

 

Baca Juga

Serikat Ritel, Grosir dan Department Store (RWDSU) pada Rabu (31/3/2022) mengatakan, peningkatan upah dan tunjangan yang diperoleh 570 pekerja di pabrik Kellogg pekan ini, merupakan yang terbesar yang pernah dilihat. Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat saat ini sedang berjuang untuk mengisi lebih dari 11 juta lowongan pekerjaan di seluruh negeri, yang mewakili hampir dua lowongan untuk semua orang yang menganggur. Para pekerja juga menuntut lebih banyak setelah menjaga pabrik tetap beroperasi selama pandemi Covid-19.

 

Departemen Tenaga Kerja AS pada pekan ini melaporkan, lowongan pekerjaan melayang di dekat rekor tertinggi untuk bulan kedua berturut-turut di Februari.

“Kontrak ini adalah bukti lebih lanjut dari kekuatan suara serikat dan perundingan bersama,” kata Presiden RWDSU Stuart Appelbaum.

 

Kellogg's, yang berbasis di Battle Creek, Michigan di AS, tidak segera mengomentari kontrak yang ditawarkannya kepada para pekerjanya di Kota Kansas, Kansas.

 

Seorang juru bicara untuk Serikat Pekerja Roti, Kembang Gula, Tembakau dan Pabrik Gandum Internasional yang mewakili pekerja pabrik sereal Kellogg, mengatakan pemogokan lain di seluruh industri pada tahun lalu telah membantu mengamankan keuntungan yang signifikan bagi pekerja di perusahaan lain.

Pekerja Cheez-It akan menerima kenaikan 6 persen pada tahun pertama kontrak baru mereka, kenaikan 5 persen pada tahun berikutnya dan kenaikan 4,5 persen dan bonus 500 dolar AS pada tahun ketiga. Para pekerja juga akan melihat manfaat kesehatan dan pensiun yang lebih baik tanpa peningkatan premi asuransi kesehatan mereka. Dan karyawan baru akan naik ke tingkat gaji yang lebih tinggi dengan lebih cepat.

 

“Kenaikan upah ini akan membantu kami memenuhi kebutuhan keluarga kami dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup kami,” kata Larry Smith, yang memimpin serikat pekerja lokal di pabrik Kellogg.

Selain pemogokan di pabrik Kellogg di Nebraska, Michigan, Pennsylvania, dan Tennessee musim gugur yang lalu, para pekerja juga keluar tahun lalu di pabrik Frito-Lay di Topeka, Kansas, dan di lima pabrik Nabisco di seluruh negeri. Para pekerja pengepak daging telah memenangkan kenaikan gaji yang signifikan ketika kontrak mereka muncul di pabrik di seluruh negeri.

Serikat pekerja di industri lain, termasuk yang mewakili lebih dari 10.000 pekerja John Deere, juga mogok tahun lalu. Para pekerja John Deere menerima kenaikan gaji 10 persen dan tunjangan yang lebih baik setelah mogok selama sebulan.

 

Para pekerja juga telah memilih untuk berserikat di lebih dari setengah lusin toko Starbucks di seluruh negeri dan serikat pekerja berusaha untuk berserikat di sekitar 140 toko lain di seluruh negeri.  Dan Amazon sedang mencoba untuk mencegah serikat pekerja di dua gudangnya di New York dan Alabama, di mana surat suara sedang dalam proses penghitungan sekarang.

Para ahli mengatakan, kekurangan tenaga kerja yang sedang berlangsung telah memberi serikat pekerja lebih banyak pengaruh daripada yang mereka miliki dalam beberapa dekade selama pembicaraan kontrak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement