Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bahar Sungkowo MPd

Guru Kreatif dengan TALI KUBAJA adalah guru Masa Kini

Guru Menulis | Thursday, 31 Mar 2022, 19:11 WIB

Guru kreatif adalah guru masa kini. Jika gurunya kreatif maka peserta didiknya kreatif, maka guru-guru masa kini adalah guru yang kreatif dengan manuver dan terobosan dalam menciptakan media, metode dan model pembelajaran sehingga peserta didik bersemangat belajar dan berprestasi. Penulis merasa menjadi guru masa kini karena kreatif dalam mengajar. Maka berbahagialah guru-guru yang kreatif karena anda-andalah guru masa kini dengan semangat anda berkreasi dalam mengajar.

Sebagai guru masa kini, penulis akan memaparkan kreativitas mengajar yang alhamdulillah menjadi kreativitas terbaik dalam penilaian internal yayasan pendidikan dimana penulis mengajar. Adapun paparannya sebagai berikut :

Setiap saya akan mengajar, saya melihat RPP dan melihat model pembelajaran yang digunakan di pertemuan tersebut. Memang kalau dibaca kata-katanya lucu-lucu dan menggelikan karena akronimnya yang lucu-lucu. Tertulis ada Putra Ki Raja, ada Perang Armagedon di Bumi Semar, ada Garudaku dan lain-lainnya. Pertanyaannya?. Apakah ide-ide itu hilang dan kehabisan ide?. ternyata tidak, aku tetap memproduksi gagasan dan ide untuk pembelajaranku dan pemahaman peserta didikku untuk sukses dalam belajar. Bagaimana dengan anda, apakah sama dengan kebiasaan baikku ini?.

Ada satu gagasanku, ini baru gagasan yang ingin aku kembangkan dalam mencoba menerapkan pembelajaran proyek yang terbingkai dalam Kurikulum Merdeka dengan akronim yang bernama : TALI KUBACA atau proyek Tali Kubaja. Ini adalah proyek yang melibatkan sekurang-kurangnya 5 mata pelajaran yang bersedia untuk mendukung pembelajaran IPS ku, yakni : Matematika, PPKn, PAI, IPA dan Bahasa Indonesia. Tentunya proyek ini berprinsip satu tema enam penilaian dan pengamatan keterampilan. Sebagai induk temanya dari mata pelajaran IPS yakni materi : Kewirausahaan di kelas VII Semester 2 dengan pembagian materi dari lima mata pelajaraan lainnya seperti :

1. Matematika dengan perhitungan matematika ekonomi atau menjual Break event point berbisnis atau berdagang.

2. PPKn dengan materi bekerja sama atau bergotong - royong dalam pengamalam Pancasila.

3. PAI dengan materi produk halal baik halal barangnya atau halal prosesnya.

4. IPA dengan proses pembuatan Eco Enzim ataupun proses peragian ataupun pengasaman/pembusukan.

5. Bahasa Indonesia dengan teknik pelaporan kegiatan kewirausahaan menjual eco enzim.

Adapun dalam penerapan di IPS sendiri berkaitan dengan Kewirausahaan menggunakan TALI KUBAJA adalah sebagai berikut :

tahap I adalah TA atau Telaah Analisis yakni dengan menelaah bagaimana mengelola bisnis manual ataupun digital. setelah ditelaah , baru dianalisis mana yang lebih baik dan dapat diterapkan peserta didik.

Tahap II adalah LI atau Literasi Internet yakni dengan membuat infografis tentang eco enzim serta manfaatnya, membuat website Saudagar Eco Enzim, menawarkan eco enzim di Market Place, Tokopedia dan Bukalapak.

Tahap III adalah KU ataupun Kelola uang yakni peserta didik dapat mengelola uang dari mengelola modal awal, keuntungan, modal lanjutan, keuntungan berikutnya dan seterusnya. Dengan kelola uang yang baik maka keuntungan akan dioptimalkan untuk terus diputar hingga keuntungan semakin lama semakin besar.

Tahap IV adalah BA ataupun Berdiskusi Aktif adalah dikelompok peserta didik berdiskusi untuk menyusun laporan kegiatan kewirausahaan EEN (Eco Enzim) dengan kolaborasi lima matpel lainnya. Laporan menggunakan sistematika laporan dengan arahan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tahap V adalah JA ataupun Jelaskan Argumen adalah mempresentasikan argumen kelompok dalam aktivitas kewirausahaan EEN baik manual ataupun digital. Setiap kelompok berupaya menampilkan tampilan presentasi yang semenarik mungkin dalam kegiatan " Pengenalan bisnis EEN sebagai solusi sampah dapur keluarga".

Demikian gagasan untuk diwujudkan sebagai bentuk contoh dari kegiatan proyek yang sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Aku akan segera berkoordinasi dengan teman-teman untuk merealisasikan proyek base learning PJBL yang juga mengukuhkan profil pelajar Pancasila.

Catatan : Anda hanya boleh membaca, silahkan ATM tapi dilarang keras menjiplak dan mencontek gagasan ini dan mengakuinya sebagai gagasan atau ide anda. Silakan izin dan koordinasikan dulu kepada aku sebagai penggagas pertama dari Pembelajaran Proyek TALI KUBAJA. Terima Kasih.

Demikianlah sebagai guru masa kini yang kaya dengan ide-ide kreatif dalam mengajar untuk meningkatkan prestasi peserta didiknya, semoga menginspirasi rekan-rekan menjadi guru masa kini dengan berkreasi dalam mengajar demi peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Inshaa Allah.

#Lombamenulisgurudigital

Bahar Sungkowo SPd MPd

Guru SMP Internat Al-Kausar Kabupaten Sukabumi

Guru IPS Kewirausahaan

WA 087820994093

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image