Jumat 01 Apr 2022 05:29 WIB

Pakai Ponsel Bisa Tingkatkan Risiko Tumor Otak, Betulkah?

Isu penggunaan ponsel muncul lagi di tengah keberadaan frekuensi 5G.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pengguna ponsel di Shanghai, Cina, 03 Agustus 2020. Berdasarkan penelitian, tidak ada bukti penggunaan ponsel dapat memicu tumor otak.
Foto: EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI
Pengguna ponsel di Shanghai, Cina, 03 Agustus 2020. Berdasarkan penelitian, tidak ada bukti penggunaan ponsel dapat memicu tumor otak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelombang radio yang keluar dari ponsel telah menakuti orang selama bertahun-tahun terhadap risiko kanker. Isu itu muncul lagi oleh keberadaan frekuensi 5G yang supercepat dan baru.

Para ahli Oxford University mengatakan, tidak ada bukti bahwa ponsel meningkatkan risiko kanker. Studi para ahli menunjukkan tingkat tumor otak pada perempuan yang menggunakan telepon setiap hari seperti pada perempuan yang tidak pernah menelepon.

Baca Juga

"Hasil ini mendukung bukti yang berkembang bahwa penggunaan ponsel dalam kondisi biasa tidak meningkatkan risiko tumor otak," kata penulis studi Kirstin Pirie dilansir The Sun, Kamis (31/3/2022).

Data dari 776 ribu perempuan berusia di atas 50 tahun di Inggris menunjukkan tidak ada hubungan antara penggunaan ponsel dan kemungkinan terkena kanker. Responden perempuan tersebut ditanyai tentang ponsel mereka pada 2001 dan pada 2011.

Pada 2011, sebanyak 75 persen orang berusia 60-an, dan setengah dari mereka yang berusia akhir 70-an, masih menggunakan ponsel. Sebanyak 3.268 wanita dalam penelitian tersebut, yang terungkap dalam Journal of National Cancer Institute, mengembangkan tumor otak.

Kondisi tumor otak menyebabkan rata-rata 5.000 kematian per tahun di Inggris. Responden dibagi rata antara pengguna telepon dan non-pengguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement