Kamis 31 Mar 2022 20:10 WIB

Dortmund Kirim Sinyal Bakal Lepas Haaland

Apabila Haaland pergi, kami akan menemukan talenta lain

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Erling Haaland
Foto: AP/Martin Meissner
Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Borussia Dortmund sepertinya mulai telah bersiap untuk melepas Erling Haaland pada akhir musim ini.

Direktur Eksekutif Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menegaskan, Die Borussen bisa menemukan pengganti Haaland apabila penyerang berusia 21 tahun itu meninggalkan Stadion Signal Iduna-Park.

Watzke merujuk pada situasi yang sempat menimpa Dortmund pada musim-musim sebelumnya. Tidak hanya sekali, Die Borussen bahkan pernah dua kali kehilangan pemain bintang sekaligus andalan tim lantaran diminati oleh klub-klub lain.

Pada 2014, Dortmund akhirnya melepas Robert Lewandowski yang hijrah ke seteru sengitnya di Bundesliga, Bayern Muenchen. Padahal pada saat itu, penyerang asal Polandia itu merupakan andalan utama Die Borussen.

Lewandowski merupakan top skorer Bundesliga pada musim terakhirnya bersama Dortmund, yaitu musim 2013/2014. Kondisi serupa terjadi pada 2018 saat Dortmund kehilangan Pierre-Emerick Aubameyang.

Dengan tebusan nilai transfer sebesar 56 juta poundsterling, top skorer Bundesliga musim 2016/2017 itu meninggalkan Dortmund dan hijrah ke Arsenal. ''Situasi seperti ini sudah pernah kami hadapi. Kami selalu mampu menciptakan pemain bintang baru.”

“Apabila Haaland pergi, kami akan menemukan talenta lain dan mengembangkannya menjadi pemain bintang. Hal itu tidak hanya bagus buat klub, tapi juga buat Bundesliga,'' tutur Watzke kepada Bild, Kamis (31/3).

Haaland direkrut Dortmund pada pertengahan musim 2019/2020 dari RB Salzburg. Saat itu, penyerang asal Norwegia itu ditebus dengan nilai transfer sebesar 20 juta euro dan diikat dengan kontrak berdurasi empat setengah tahun.

Haaland pun langsung tampil apik bersama Dortmund. Selama mengenakan seragam Die Borussen hingga saat ini, Haaland telah mengemas 80 gol dan 21 assist dari 82 penampilan di semua ajang.

Rataan gol, konsistensi performa, dan ketajaman di depan mulut gawang ini menjadikan Haaland sebagai rebutan klub-klub besar Eropa. Terlebih, dalam kontrak Haaland bersama Dortmund, ada opsi klausa pelepasan yang bisa diaktifkan pada akhir musim ini.

Klub-klub peminat Haaland bisa merekrut eks penyerang Molde itu dengan nilai klausa pelepasan sebesar 67 juta poundsterling. Dari deretan klub peminat Haaland, Manchester City dikabarkan berada di posisi terdepan untuk bisa mendapatkan tanda tangan Haaland.

Kendati begitu, Watzke mengungkapkan, belum menerima satu penawaran resmi dari klub manapun terkait kemungkinan perekrutan Haaland. Namun, Watzke menyebut, tidak bisa menandingi kekuatan finansial yang dimiliki The Citizens dalam upaya mempertahankan Haaland.

''Sejauh ini, kami belum tahu secara spesifik soal sikap dari pemain tersebut. Begitu pula dengan belum adanya tawaran resmi dari klub manapun. Namun, kami tidak akan bisa bersaing dari segi finansial apabila City mencoba membujuk Haaland,'' tutur Watzke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement