Arab Saudi Serukan Muslim Melihat Bulan Sabit Ramadhan Besok

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 31 Mar 2022 19:20 WIB

Kemunculan bulan sabit. Arab Saudi Serukan Muslim Melihat Bulan Sabit Ramadhan Besok Foto: saudigazette.com Kemunculan bulan sabit. Arab Saudi Serukan Muslim Melihat Bulan Sabit Ramadhan Besok

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta semua Muslim di seluruh Kerajaan untuk melihat bulan sabit Ramadhan. Agenda pemantauan hilal sabit Ramadhan ini rencananya akan dilakukan pada Jumat malam (1/4/2022).

Dikutip dari Al Arabiya, Kamis (31/3/2022), Mahkamah Agung mengimbau siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka atau menghubungi departemen terkait terdekat untuk membimbing mereka ke pengadilan terdekat. 

Baca Juga

Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun 354 atau 355 hari. Melihat bulan sabit menandai dimulainya Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam. 

Lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan suka cita. Mereka akan berpuasa sejak matahari terbit hingga matahari terbenam.

Umat muslim tidak makan, minum, merokok, dan melakukan hubungan perkawinan selama berpuasa. Mereka juga harus berusaha menghindari pikiran jahat dan perbuatan jahat. 

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2022/03/30/Saudi-Arabia-calls-on-Muslims-to-sight-Ramadan-crescent-moon-on-Friday-evening