Kamis 31 Mar 2022 22:35 WIB

Iran Kecam Sanksi Baru AS Atas Program Rudal

AS mengumumkan babak baru sanksi terhadap program rudal Iran

Iran mengecam sanksi baru AS terhadap program rudal balistiknya
Iran mengecam sanksi baru AS terhadap program rudal balistiknya

REPUBLIKA.CO.ID., TEHERAN -- Iran pada Kamis (31/3/2022) mengecam sanksi baru AS terhadap program rudal balistiknya, dengan mengatakan itu dirancang untuk melanjutkan kebijakan "tekanan maksimum" terhadap Teheran.

Washington pada Rabu (30/3/2022) mengumumkan babak baru sanksi yang menargetkan program rudal balistik Iran, beberapa pekan setelah serangan rudal di Erbil, yang diklaim oleh Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

Departemen Keuangan AS mengatakan sanksi baru menargetkan divisi IRGC yang terkait dengan penelitian dan pengembangan rudal balistik, serta Parchin Chemical Industries (PCI), komponen Organisasi Industri Pertahanan Iran (DIO), dan perantara yang terlibat dalam pengadaan suku cadang untuk rudal.

“Kegiatan terkait rudal balistik Iran terus mengganggu kestabilan kawasan Timur Tengah, dan Amerika Serikat akan terus menggunakan segala cara untuk menghentikan mereka,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Sebagai tanggapan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan sanksi "membuktikan kedengkian pemerintah AS" terhadap rakyat Iran.

Khatibzadeh mengatakan pemerintah AS, meskipun mengklaim kesiapan untuk kembali ke implementasi penuh dari kesepakatan nuklir Iran, "terus melanggar kesepakatan dan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231".

Putaran sanksi baru datang ketika negosiasi maraton untuk menyelamatkan perjanjian nuklir 2015 telah memasuki tahap akhir.

Sementara Teheran telah menuntut penghapusan sanksi dalam pembicaraan, yang berlangsung sejak April lalu, ia telah menyatakan program misilnya "tidak dapat dinegosiasikan", meningkatkan kekhawatiran di Barat.

Iran dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang stabil dalam mengembangkan rudal balistik presisi tinggi, rudal jelajah serta berbagai drone.

Bulan lalu, Iran meluncurkan rudal Khyber Shikan, rudal generasi ketiga di gudang senjata IRGC dengan jangkauan 1.450 km, didorong oleh "bahan bakar padat" dan membanggakan "kemampuan manuver yang tinggi" untuk melewati perisai rudal.

Pada Desember tahun lalu, lebih dari selusin rudal balistik dan drone dipamerkan selama latihan militer, yang menargetkan model tiruan fasilitas nuklir Dimona Israel.

Sementara itu, pembicaraan putaran kedelapan dan yang menentukan telah ditangguhkan tanpa batas waktu, karena kedua belah pihak membahas poin-poin yang tersisa, termasuk penghapusan Korps IRGC.

Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dalam sebuah wawancara baru-baru ini menyebut pencabutan IRGC sebagai salah satu "masalah utama yang tersisa", dan mengatakan jika Amerika mengambil "pendekatan realistis", kesepakatan akan "dalam jangkauan."

Sebagai reaksi, utusan khusus AS untuk Iran Robert Malley menegaskan bahwa IRGC akan terus berada di daftar hitam AS, memutuskan hubungan dengan pembicaraan kesepakatan nuklir yang sedang berlangsung.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/iran-kecam-sanksi-baru-as-atas-program-rudal/2551172
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement