Kamis 31 Mar 2022 15:13 WIB

AS dan Meksiko Lolos ke Piala Dunia

Dengan demikian sudah 29 negara lolos ke putaran final Piala Dunia 2022

Logo Kualifikasi Piala Dunia 2022.
Foto: DOK MLS
Logo Kualifikasi Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Amerika Serikat dan Meksiko sama-sama merebut tiket ke putaran final Piala Dunia tahun ini di Qatar setelah menuntaskan rangkaian terakhir laga kualifikasi zona CONCACAF, Kamis (31/3/2022) WIB.

Dengan demikian, sudah 29 negara lolos ke putaran final turnamen akbar sepak bola dunia yang akan diikuti total 32 tim.

Tiga jatah tersisa akan diperebutkan  Peru, Selandia Baru, Kosta Rika, Australia dan Uni Emirat Arab yang masih berebut tempat playoff interkontinental, Wales, Skotlandia dan Ukraina dalam playoff zona Eropa.

Amerika Serikat yang absen pada Piala Dunia 2018, memang kalah 0-2 dari Kosta Rika tetapi tetap lolos ke Qatar 2022 bersama Meksiko yang mengalahkan El Salvador 2-0.

Kanada yang sudah mengamankan kualifikasi Ahad pekan lalu, kalah 0-1 melawan tuan rumah Panama, tetap memuncaki grup ini.

Kosta Rika finis urutan keempat dalam klasemen dan akan menghadapi Selandia Baru dalam kualifikasi antarbenua di Qatar pada Juni untuk memperebutkan satu tempat putaran final.

Pada matchday terakhir kualifikasi CONCACAF, Amerika Serikat tahu bahwa menang, seri, atau kalah dalam selisih kurang dari enam gol akan memastikan mereka berkiprah kembali dalam putaran final Piala Dunia.

Kosta Rika unggul pada menit ke-51 berkat sundulan Juan Pablo Vargas sebelum Anthony Contreras menggandakan keunggulan dari jarak dekat tak lama kemudian.

Amerika Serikat, yang skuadnya hanya terdiri atas empat pemain dari tim yang gagal mencapai Piala Dunia Rusia 2018, terus bertahan memastikan lolos ke Qatar.

Di Stadion Azteca, Meksiko menang 2-0 berkat dua gol babak pertama yang dibuat Uriel Antuna pada menit ke-17 dan Raul Jimenez pada menit ke-43 dari titik penalti.

Di Estadio Rommel Fernandez Gutierrez, pemuncak klasemen tumbang 0-1 di tangan tuan rumah Panama berkat gol Gabriel Torres pada menit ke-49.

Sedangkan laga Jamaika dan Honduras yang sama-sama sudah tersisih dimenangkan tuan rumah Jamaika dengan 2-1.

Tim tamu unggul lebih dulu pada menit ke-18 dari penalti yang disarangkan Angel Tejeda, namun 21 kemudian disamakan oleh Leon Bailey juga dari penalti, sedangkan Ravel Morrison membuat gol kemenangan Jamaika pada menit 45+2, demikian Reuters dan ESPN.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement