Kamis 31 Mar 2022 13:46 WIB

4 Makanan yang Bisa Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Cuaca panas membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Semangka (ilustrasi). Semangka merupakan salah satu buah yang bisa mencegah dehidrasi saat musim panas.
Foto: Pixabay
Semangka (ilustrasi). Semangka merupakan salah satu buah yang bisa mencegah dehidrasi saat musim panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan dengan baik sangat penting dilakukan set adalah penting setiap hari. Namun, pada musim panas, tubuh cenderung mudah mengalami dehidrasi. Selain itu, panas dari luar juga mengganggu kesehatan usus sehingga sulit untuk menikmati makanan pedas.  

Dilansir dari News 18 pada Kamis (31/3/2022), musim panas adalah saat ketika banyak faktor seperti gelombang panas, dehidrasi, cuaca panas, antara lain dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tidak mengonsumsi makanan berminyak dan pedas dan beralih ke pilihan makanan sehat di cuaca panas.

Baca Juga

Berikut makanan yang bisa bantu tubuh tetap terhidrasi yaitu :

1. Buah Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang membantu tubuh terhidrasi. Semangka mengandung air, vitamin A, vitamin C dan antioksidan. Tidak hanya membuat seseorang terhidrasi tetapi karena rendah kalori, semangka adalah makanan yang sempurna untuk orang yang sedang diet.  

2. Jagung

Jagung merupakan sumber potasium, lutein, serat dan antioksidan.  Jagung dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata dan mengatur sirkulasi darah. Banyak orang mungkin menghadapi masalah gangguan pencernaan di musim panas dan kandungan serat jagung yang tinggi adalah solusi yang bagus untuk masalah itu. Antioksidan yang ada dalam jagung juga dapat mencegah peradangan.

3. Timun

Orang-orang menikmati sayuran berair ini dalam cuaca hangat. Timun bisa dimakan sebagai salad, bisa dikombinasikan, bisa ditambahkan di burger dan sandwich. Kandungan serat dalam mentimun membuatnya ideal untuk orang yang mengalami sembelit.

4. Mangga

Mangga manis mengandung zat besi dan kalsium.  Mangga juga membantu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dengan kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement