Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Dikalahkan Kosta Rika, Amerika Serikat Tetap Lolos ke Qatar

Kamis 31 Mar 2022 10:42 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Gelandang timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic (ilustrasi). AS lolos ke Piala Dunia 2022 meskipun kalah 0-2 dari Kosta Rika.

Gelandang timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic (ilustrasi). AS lolos ke Piala Dunia 2022 meskipun kalah 0-2 dari Kosta Rika.

Foto: AP Photo/David Zalubowski
Amerika Serikat menempati posisi tiga klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf

REPUBLIKA.CO.ID, SAN JOSE -- Amerika Serikat (AS) lolos ke Piala Dunia Qatar, meskipun dikalahkan Kosta Rika, Kamis (31/3/2022) pagi WIB. Kosta Rika, yang perlu menang dengan selisih enam gol dari AS, hanya mampu unggul 2-0 dalam pertandingan di Stadion Nasional Kosta Rika. Dengan kemenangan Meksiko dari El Salvador, Kosta Rika tetap berada di peringkat empat, dengan AS menempati posisi ketiga klasemen akhir Zona Concacaf.

Meskipun kedua tim sama-sama mengantongi 25 poin, tapi AS unggul selisih gol. Namun Kosta Rika punya kesempatan lolos ke Qatar jika menang dari Selandia Baru di babak playoff.

Baca Juga

Amerika punya dua peluang untuk mencetak gol di lima menit pertama. Namun, tendangan dari Ricardo Pepi dan Miles Robinson masih bisa diselamatkan. Kosta Rika memiliki peluang terbaik pada menit 10. Tendangan kaki kiri Brandon Aguilera masih sedikit terlalu tinggi dari bisa gawang.

Menit ke-35, Aguilera kembali menguji pertahanan Amerika. Namun tendangan kaki kirinya ke kanan bawah gawang kembali berhasil diselamatkan. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol. 

Memasuki babak kedua, Kosta Rika yang butuh kemenangan mulai tampil lebih efektif.

Menit ke-51, tuan rumah mampu memecahkan kebuntuan. Aguilera mengirimkan umpan ke kotak penalti, yang kemudian disundul oleh Juan Pablo Vargas untuk mengubah skor jadi 1-0. 

Kosta Rika hanya butuh delapan menit untuk menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Anthon Contreras yang mencatatkan namanya di papan skor. Setelah kiper Zack Steffen tak mampu menahan tendangan jarak dekat Contreras. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA