Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mhd Ali

5 Tips Dalam Mengatur Interior Ruang Dapur yang Tepat

Gaya Hidup | Thursday, 31 Mar 2022, 09:34 WIB

Sebuah ruangan yang pasti ada di dalam setiap rumah adalah dapur. Bagi kebanyakan orang, dapur masih dianggap sebagai tempat memasak saja, namun bagi wanita atau ibu rumah tangga, dapur ini merupakan tempat dimana mereka mengembangkan kreativitas mereka melalui memasak atau bahkan dengan menciptakan berbagai resep baru yang lezat.

Selain itu, bisa dikatakan juga bahwa dapur merupakan wujud dari eksistensi seorang wanita dalam keluarga. Namun, sekarang ini sudah banyak wanita yang merasa tidak suka masuk ke dalam dapur dengan berbagai alasan.

Misalnya karena mereka juga bekerja di luar rumah untuk mendukung kebutuhan financial atau tidak suka atau tidak hobi memasak. Salah satu alasan yang cukup sering terjadi adalah merasa tidak nyaman berada di dalam dapur.

Sumber: kitchensetminimalis.id

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa memasak bukan hanya sekedar membutuhkan waktu yang sebentar saja. Coba Anda perhatikan berapa lama ibu Anda memasak di dalam dapur. Tentunya ia akan menghabiskan waktu berjam-jam dan bahkan seharian.

Kita semua tentunya tidak mau berlama-lama berada di dalam ruangan yang kita tidak suka. Oleh karena itu ada baiknya bila Anda mengatur interior ruang dapur Anda seindah mungkin, sehingga wanita tidak akan merasa bahwa memasak hanya merupakan sebuah rutinitas yang membosankan saja.

Mengatur interior ruang dapur sangat penting dan harus dilakukan dengan cermat, agar terlihat rapi, apik dan menyenangkan. Kondisi seperti ini tentunya bisa membangkitkan semangat memasak, sehingga masakan yang dihasilkan pastinya lebih lezat.

Untuk lebih jelas tentang mengatur interior ruang dapur, simaklah uraian yang akan di sajikan berikut ini.

Sirkulasi Udara

Mengatur interior ruang dapur berarti juga mengatur sirkulasi udara yang ada di dalam dapur. Sirkulasi udara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pengumpulan gas atau udara kotor yang berasal dari hasil pembakaran dapur.

Selain itu, sirkulasi udara juga sangat penting karena bila tidak ada, maka dapur akan menjadi tempat yang sangat sumpek.

Pencahayaan

Dalam aktivitas memasak, pencahayaan ini juga sangat penting untuk memperlancar aktivitas ataupun untuk menjaga kondisi dapur agar tidak lembab. Ada dua jenis pencahayaan secara umum, yaitu :

Pencahayaan buatan, yang berasal dari lampu atau listrik. Sebaiknya Anda menggunakan lampu hemat energi yang tidak menghasilkan panas terlalu tinggi.

Pencahayaan alami, yang berasal dari sinar matahari. Hanya saja pencahayaan ini hanya bisa didapat pada siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyediakan jendela yang cukup luas. Luas jendela yang ideal untuk sebuah dapur adalah 20% dari luas lantainya.

Air Bersih

Sebagai tempat meracik berbagai makanan dan keperluan konsumsi keluarga, dapur tentunya membutuhkan banyak air bersih. Oleh karena itu, keberadaan instalasi air bersih di dapur sangat diperlukan.

Penataan

Mengatur interior ruang dapur haruslah dilakukan dengan cermat, karena biasanya dapur merupakan tempat penyimpanan yang paling padat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengatur interior ruang dapur, di antaranya adalah :

Sebaiknya Anda menyusun peralatan dapur sesuai dengan fungsi kerjanya. Misalnya peralatan mencuci, memasak, menyimpan dan sebagainya. Jika ruangan dapur Anda terbatas Anda dapat menggunakan kitchen set minimalis agar dapat tertata dengan rapi.

Sebaiknya lemari es jangan diletakkan pada tempat yang panas, misalnya dekat dengan kompor atau daerah yang sering terkena sinar matahari. Jarak ideal lemari es bagian belakang dengan dinding minimal 15 cm.

Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan bisa mengahalu panas yang dihasilkan oleh kondensor bagian belakang lemari es.

Sebaiknya tong sampah diletakkan di dekat tempat mencuci piring . selain itu, agar lebih bersih sebaiknya beri kantong plastik untuk mempermudah membuangnya.

Listrik

Listrik juga diperlukan untuk aktivitas memasak, misalnya untuk menjalankan blender, oven atau berbagai peralatan lain yang membutuhkan tenaga listrik. Mengatur interior ruang dapur dalam pemasangan listrik, sebaiknya jauhkan kabel listrik dari jangkauan anak-anak atau gunakan kabel spiral dan gunakan juga stop kontak agar terlindung dari percikan air.

Inilah sekilas tentang tips mengatur interior ruang dapur, semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image