Kamis 31 Mar 2022 09:31 WIB

Southgate Diminta Jaga Ucapan Soal Piala Dunia 2022 dan Negaranya

Gareth Southgate diminta datang melihat Qatar langsung dan berbicara dengan pekerja.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: AP/Laszlo Balogh
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kepala eksekutif Piala Dunia 2022 Qatar Nasser Al Khater mengeluarkan peringatan kepada pelatih timnas Inggris Gareth Southgate yang sebelumnya  mengeluarkan pernyataan miring tentang gelara Piala Dunia musim dingin nanti. Southgate juga sekaligus mengkritisi Qatar yang membuat Al Khater kecewa.

"Apakah dia pernah ke Qatar? Saya pikir dia perlu datang ke sini terlebih dahulu sebelum membuat komentar seperti itu," kata Nasser Al Khater, dikutip dari Express, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga

Southgate menjadi salah satu orang yang menyuarakan keprihatinannya sejak negara Teluk itu dikaim sebagai tuan rumah Piala Dunia pada 2010. Ia berbicara terkait homoseksualitas laki-laki dapat dihukum dengan hukuman penjara, pernikahan sesama jenis tidak diakui dan keprihatinan atas hak-hak perempuan, yang terjadi di negara Qatar.

Ia sebelumnya telah berbicara tentang fakta bahwa itu akan menjadi sangat memalukan jika beberapa penggemar Inggris merasa tidak nyaman atau tidak dapat melakukan perjalanan akhir tahun ini ke sana. Kemudian soal perlakuan terhadap pekerja di Qatar, terutama yang bertugas di infrastruktur Piala Dunia 2022.

Mendengar hal tersebut, Nasser Al Khater juga memberikan peringatan kepada Southgate untuk hati-hati berbicara tentang negara Qatar. Sebab, ucapan Southgate bisa mendatangkan masalah.

"Ia harus mengetahuinya lebih dalam dan berbicara kepada para pekerja dan masyarakat di sini," kata dia.

Sebelumnya Watar disebut telah mengeksploitasi para pekerja yang mengerjakan pembangunan stadion. Kabarnya terdapat 65 ribu pekerja meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement