Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Sejarah Hari Ini: Menara Eiffel Pertama Kali Dibuka

Kamis 31 Mar 2022 06:50 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Orang-orang memotret Menara Eiffel, Jumat, 25 Februari 2022 di Paris.

Orang-orang memotret Menara Eiffel, Jumat, 25 Februari 2022 di Paris.

Foto: AP/Adrienne Surprenant
Menara Eiffel menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia saat itu.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel resmi dibuka dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Gustave Eiffel, sang perancang menara. Peresmian juga dihadiri oleh Perdana Menteri Prancis kala itu Pierre Tirard, beberapa pejabat tinggi lainnya, dan 200 pekerja konstruksi menara.

Dalam sejarah awal pembuatan menara Eiffel, yang dilansir laman History, Kamis (31/3/2022), kala itu pada 1889 untuk menghormati 100 tahun Revolusi Prancis, pemerintahnya merencanakan eksposisi internasional dan mengumumkan kompetisi desain untuk membangun sebuah monumen di Champ-de-Mars, pusat kota Paris. Dari lebih 100 desain yang diajukan, Komite Centennial memilih rencana rancangan Gustave Eiffel untuk menara besi tempa terbuka yang akan mencapai hampir 1.000 kaki di atas Paris.

Baca Juga

Menara ini menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia saat itu. Gustave Eiffel adalah seorang pembuat jembatan terkenal. Ia adalah ahli konstruksi logam dan merancang kerangka Patung Liberty yang baru saja didirikan di Pelabuhan New York.

Menara Eiffel awalnya disambut dengan skeptisisme dari para kritikus yang berpendapat bahwa itu tidak sehat secara struktural. Muncul juga kemarahan dari beberapa orang yang mengira menara tinggi akan merusak pemandangan di jantung kota Paris.  

Tidak gentar, Gustave Eiffel menyelesaikan menara besarnya di bawah anggaran hanya dalam dua tahun. Hanya satu pekerja yang kehilangan nyawanya selama konstruksi, yang pada saat itu merupakan jumlah korban yang sangat rendah untuk proyek sebesar itu. 

Strukturnya yang ringan dan lapang merupakan keajaiban teknologi yang dalam beberapa dekade dianggap sebagai mahakarya arsitektur. Menara Eiffel memiliki tinggi 984 kaki dan terdiri dari kerangka besi yang ditopang pada empat tiang batu dan empat kolom naik yang bersatu untuk membentuk menara vertikal tunggal.  

Platform, masing-masing dengan dek observasi, berada di tiga tingkat. Elevator naik ke dermaga di tikungan, dan Eiffel mengontrak Otis Elevator Company dari Amerika Serikat untuk merancang elevator sangkar kaca yang terkenal di menara itu. Lift tidak selesai pada tanggal 31 Maret 1889.

Meski begitu Gustave Eiffel menaiki tangga menara dengan beberapa teman yang kuat dan mengangkat tiga warna Prancis yang sangat besar di struktur tiang bendera. Kembang api kemudian dinyalakan dari platform kedua.

Eiffel dan rombongannya turun, dan sang arsitek berbicara kepada para tamu dan sekitar 200 pekerja. Pada awal Mei, Pameran Internasional Paris dibuka, dan menara tersebut berfungsi sebagai pintu masuk pameran besar lainnya.

Menara Eiffel tetap menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia sampai selesainya Gedung Chrysler di New York pada 1930. Hebatnya, Menara Eiffel hampir dihancurkan ketika sewa 20 tahun Pameran Internasional atas tanah itu berakhir pada tahun 1909, tetapi nilainya sebagai antena untuk transmisi radio menyimpannya sebagian besar tetap tidak berubah hari ini dan merupakan salah satu tempat wisata utama dunia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA