Rabu 30 Mar 2022 22:55 WIB

Kunjungi IPDN, Mahfud MD: Kita Harus Memiliki Nilai Moral, Etika, dan Tunduk Peraturan

Mahfud MD mengingatkan pentingnya menjaga kepercayaan masyarakat.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Menko Polhukam Mahfud MD.
Foto: Dok Kemenko Polhukam
Menko Polhukam Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menekankan pentingnya nilai moralitas dan etika. Ia meyakini nilai-nilai tersebut mampu menjaga kepercayaan publik.

Hal itu disampaikan Mahfud saat mengunjungi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor pada Rabu (30/3). Mahfud menegaskan, pentingnya menjaga kepercayaan masyarakat, khususnya bagi seluruh praja IPDN yang merupakan calon aparatur sipil negara Indonesia.

Baca Juga

"Kita harus memiliki nilai-nilai moral, etika, tunduk pada peraturan, transparan, akuntabel, mau berdialog, melayani, nilai-nilai yang bisa mendukung kita bisa dipercaya," kata Mahfud dalam keterangan pers, Rabu (30/3).

Mahfud turut berpesan bahwa modal dasar menjaga kepercayaan publik adalah moralitas. "Moralitas lah yang nanti dapat membantu kita memelihara public trust," lanjut Mahfud.

Mahfud menyebut IPDN mempunyai posisi strategis. Sebab IPDN menjadi sarana menciptakan aparatur yang demokratis, profesional dan melayani sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.  "Aparatur pemerintahan yang merupakan salah satu sumber pengkaderan dan rekrutmennya ada di IPDN ini, memiliki tugas untuk membangun kesejahteraan rakyat melalui demokrasi dengan sikap pelayanan," ujar Mahfud.

Mahfud lalu mewanti-wanti bila aparatur negara  tidak bisa memperbaiki berbagai disorientasi yang terjadi karena pelanggaran hukum, maka akan menghadapi ketidakpercayaan publik.  "Dan apabila distrust ini dibiarkan berkembang dan semakin massif, maka akan terjadi disobedient (pembangkangan). Ini yang harus kita cermati dan antisipasi," sebut Mahfud.

Sementara itu, Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan kehadiran Menkopolhukam ini merupakan suatu kebanggaan untuk IPDN. Ia berharap kegiatan ini menjadi sarana pembelajaran dari Menkopolhukam terkait kebijakan di bidang politik, hukum dan keamanan yang nantinya dapat meningkatkan wawasan dan kapasitas ASN dan praja IPDN.

"Semoga kehadiran bapak Menkopolhukam ini akan menambah wawasan kita dan memberikan spirit, semangat didalam pengabdian kita untuk negara dan bangsa," ucap Hadi

Diketahui, Mahfud memberi stadium general di IPDN bertema “Penguatan Stabilitas Politik, Hukum dan Keamanan Dalam Negeri”. IPDN juga memberikan penghargaan Kartika Asta Brata Utama kepada Mahfud MD. Penghargaan ini diberikan atas jasa Mahfud MD dalam memberikan kontribusi kepada IPDN, pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, ilmu pemerintahan dan berprestasi di bidang pemerintahan.

Kegiatan stadium general ini dilaksanakan secara daring dan luring dan diikuti oleh seluruh civitas academica IPDN, baik yang berada di kampus Jatinangor maupun yang berada di kampus daerah, serta disaksikan pula oleh seluruh mahasiswa pasca sarjana dan keprofesian IPDN secara daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement