Baznas Kalsel Siapkan Sejumlah Kegiatan Sosial Selama Ramadhan

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Rabu 30 Mar 2022 22:00 WIB

Logo Baznas. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sejumlah kegiatan sosial untuk menyemarakkan Ramadhan 1443 H. Foto: blogspot.com Logo Baznas. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sejumlah kegiatan sosial untuk menyemarakkan Ramadhan 1443 H.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan sejumlah kegiatan sosial untuk menyemarakkan Ramadhan 1443 H.

Panitia Program Ramadhan Baznas Kalsel Sadam Nurhidayat di Kantor Baznas Kalsel di Banjarmasin, Rabu (30/3/2022), mengatakan, ada tujuh program yang akan dilaksanakan Baznas Kalsel sepanjang Ramadhan 1443 H.

Baca Juga

Pertama, Program Hidangan Berkah Ramadhan dengan penerima manfaat sekitar 3.000 orang. "Ini dimulai sejak 3 April hingga 1 Mei 2022 dengan wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola dan Tanah Laut. Bagi yang ingin berdonasi besarannya Rp 30 ribu per paket," tutur Sadam.

Program kedua, kata Sadam, Paket Ramadhan Bahagia dengan penerima manfaat sebanyak 2.000 orang sepanjang bulan Ramadhan di 13 kabupaten/kota dengan donasi Rp 200.000 per paket. "Penerima manfaat program ini para lansia dhuafa, keluarga prasejahtera, termasuk guru honorer dan guru ngaji," kata dia.

Selanjutnya, lanjut Sadam, Program Kado Yatim Bahagia dengan penerima manfaat 300 orang dengan sasaran di Banjarmasin dan Banjarbaru donasi Rp300.000 per paketnya. Kemudian, kata dia, Program Tebar Alquran untuk menunjang pembelajaran Alquran di wilayah rawan aqidah pedalaman di provinsi ini, seperti di Desa Paramasan, Desa Halong dan Desa Maratus.

Selanjutnya, kata Sadam, Program Teras Sehat Ramadhan, yakni pemberian akses kesehatan preventif dan layanan dasar kesehatan kepada dhuafa di wilayah rentan kemiskinan agar mampu mereka menjalankan ibadah pada Ramadhan. "Jika ingin berdonasi Rp 1,2 juta per kegiatan, di Banjarmasin, Banjabaru, Banjar, Batola dan Tanah Laut," ucapnya.

Kemudian Program Pasar Ramadhan, kata Sadam, di mana ini untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bawah binaan Baznas, di mana program ini dengan donasi Rp 2,5 juta per tenda. "Program ini kita gelar di tempat kebun sehat milik Baznas di Jalan Jahri Saleh di Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, sebanyak 55 penerima manfaat yang mengikuti," ungkapnya.

Terakhir adalah Program Layanan Zakat Maal, Fitrah dan Fidyah, di mana program ini menargetkan penerimaan Rp 4 miliar. Disampaikan Wakil Ketua 3 Bidang Perencanaan dan Keuangan Baznas Kalsel Ahmad Rafi'ie bahwa capaian penerimaan zakat maal, fitrah dan fidyah pada tahun 2021 sekitar Rp 3,6 miliar.

"Tahun ini kita upayakan bisa meningkatkan," ujarnya.

Ketua Baznas Kalsel Drs H Irhamsyah Safari menyampaikan, Baznas Kalsel diberikan amanah menyalurkan dana infak, zakat dan sedekah itu untuk ikut mengentaskan kemiskinan. "Setidaknya satu persen peran Baznas ikut mengentaskan kemiskinan di daerah berbagi dengan pemerintah kabupaten/kota," kata Irhamsyah.