Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Ekspedisi Kebaikan Zakat BMH Cukupkan Logistik 683 Santri di Sumut

Rabu 30 Mar 2022 21:39 WIB

Red: Irwan Kelana

BMH Perwakilan Sumut menyalurkan logistik untuk kebutuhan santri selama Ramadhan di empat pesantren.

BMH Perwakilan Sumut menyalurkan logistik untuk kebutuhan santri selama Ramadhan di empat pesantren.

Foto: Dok BMH
Para santri itu tersebar di empat pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- BMH Perwakilan Sumatera Utara menjalankan program Ekspedisi Kebaikan Zakat, Sabtu (26/3). 

Ekspedisi kebaikan tersebut diwujudkan dengan mengirimkan logistik ke beberapa pesantren di Sumatera Utara. Dimulai dari Pesantren Hidayatullah Tanjung Morawa, Deli Serdang; Pesantren Tahfidz Hidayatullah Polonia, Medan; Pesantren Hidayatullah Al-Purbanta Tanah Karo;  dan Darul Fatah Besitang Kabupaten Langkat.

Logistik yang dikirimkan yakni kebutuhan pangan berupa beras, mi instan, air mineral dan telur. Total penerima manfaat melalui program ini sebanyak 683 santri. 

Menurut Lukman, kepala Perwakilan BMH Sumatera Utara, dalam menyambut Ramadhan,  hal yang lazim dilakukan masyarakat adalah  menggelar syukuran, dzikir bersama, ziarah kubur serta tarhib Ramadhan dan sebagainya. 

"BMH hadir dengan kreativitas baru yakni dengan menyiapkan logistik untuk mencukupkan kebutuhan santri menjalani Ramadhan dengan turunan program Dapur Berkah Ramadhan," terang Lukman dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (30/3). 

"Harapannya dengan tersedianya logistik yang cukup, para pengasuh dan santri dapat beribadah dengan nyaman penuh konsentrasi," tambahnya. 

photo
Logistik yang dikirimkan melalui program Ekspedisi Kebaikan Zakat mencakup berupa beras, mi instan, air mineral dan telur.  (Foto: Dok BMH)
Ucapan rasa syukur diungkapkan oleh pengurus pesantren kepada BMH dan semua donatur. Sebagaimana disampaikan oleh Habibullah Lubis, pengurus Hidayatullah Al-Purbanta Tanah Karo. 

"Di  sini ada dua  lokasi, yang satu untuk tempat pembinaan mualaf. Dukungan logistik menjadi pelengkap syukur kami dalam menyambut Ramadhan.  Alhamdulillah. Sangat membahagiakan bagi pengurus dan seluruh santri yang ada di sini. Saya mewakili mereka berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur dan BMH Sumatera Utara atas kontribusinya untuk pangan santri putra maupun putri di sini," tuturnya.

Begitupun yang diutarakan Faris Mulyadi, pengurus pesantren Darul Fatah Langkat , "Allah Maha Besar, sangat nyata bantuan Allah terhadap hambaNya. Disaat sangat membutuhkan rezeki, logistik ini datang tanpa kami sangka dan duga. Kami terima kasih yang tak terhingga, semoga mengalirkan keberkahan kepada kita semua," ujarnya penuh haru.

Pada Ramadhan 1443 H, BMH Perwakilan Sumatera Utara terus berupaya menguatkan peran zakat dan sedekah dalam memberikan kebaikan kepada umat. “Hal itu sebagai bentuk maqashid syariah dari zakat dan infak  yang telah ditentukan oleh Islam," pungkas Lukman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA