Rabu 30 Mar 2022 20:27 WIB

Malaysia Gratiskan Jalan Tol ke Singapura Sambut Pembukaan Perbatasan

Malaysia gratiskan pembayaran tol di kedua pintu masuk perbatasan Malaysia-Singapura

Suasana lengang di jembatan perbatasan wilayah Malaysia menuju Singapura pascapemberlakuan lock down Malaysia, Rabu (18/3).
Foto: GIN TAY/THE STRAITS TIMES/EPA-EFE
Suasana lengang di jembatan perbatasan wilayah Malaysia menuju Singapura pascapemberlakuan lock down Malaysia, Rabu (18/3).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pemerintah Malaysia menggratiskan pembayaran tol di kedua pintu masuk perbatasan Malaysia - Singapura di Bangunan Sultan Iskandar (Tambak Johor) dan Tanjung Kupang (Lebuh Raya Linkedua) menyambut pembukaan perbatasan darat.

"Mulai 1 April 2022, Malaysia dan Singapura akan mengizinkan semua pelaku perjalanan yang telah lengkap divaksinasi untuk melintas jalan darat tanpa perlu menjalani karantina atau melaksanakan tes Covid-19, termasuk tes prapemberangkatan dan saat kedatangan," ujar Perdana Menteri Ismail Sabri di Kuala Lumpur, Rabu (30/3/2022)

Pengecualian pembayaran tol ini melibatkan semua jenis kendaraan selama tujuh hari mula1 1 April hingga 7 April 2022 selaras dengan pendekatan untuk memudahkan perjalanan lintas perbatasan dengan Singapura.

"Pengecualian ini adalah untuk rakyat Malaysia dan pengguna menambah atau memperbaharui aplikasi Touch and Go dan Smart Tag. Pemberian pengecualian pembayaran tol ini melibatkan perjalanan masuk dan keluar melalui kedua plaza tol yang terlibat sepanjang tempo tersebut," katanya.

Dia mengatakan keputusan tersebut mempertimbangkan penutupan perbatasan Malaysia dan Singapura sejak dua tahun lalu dan untuk memastikan kelancaran lalu lintas di kedua plaza tol tersebut dengan pembukaan perbatasan jalur darat.

"Pengecualian ini adalah tambahan kepada pengecualian biaya jalan (CJ) yang dikenakan kepada kendaraan pribadi pendaftaran Singapura apabila memasuki Malaysia melalui jalur darat di kedua lokasi," katanya.

Operator tol di Malaysia, Plus, memprediksi sekurang-kurangnya 42.000 kendaraan akan memasuki Malaysia melewati Tambak Johor dan Linkedua setiap hari.

"Keputusan penggratisan tol ini akan memanfaatkan lebih 300.000 perjalanan lintas perbatasan Malaysia - Singapura bagi pemilik-pemilik kendaraan," katanya.

Pihak Plus bekerja sama dengan Pemerintah Negara Bagian Johor serta kementerian dan lembaga terkait juga sedang giat mengadakan persiapan terakhir untuk memastikan perjalanan yang lancar di jalan tol menyambut pembukaan kembali perbatasan tersebut. Itu juga termasuk persiapan di plaza-plaza tol, kawasan-kawasan rehat dan semua kemudahan awam yang disediakan di Lebuhraya Plus.

Pemerintah Malaysia menanti kepulangan rakyat Malaysia di Singapura dan kedatangan rakyat Singapura ke Malaysia dengan pembukaan kembali perbatasan negara ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement