Rabu 30 Mar 2022 10:12 WIB

Portugal Lolos ke Qatar, Fernando Santos Bidik Target Juara Piala Dunia 2022

Fernando Santos sudah menjuarai Euro dan UEFA Nations League bersama Portugal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pelatih Portugal Fernando Santos.
Foto: AP/Jose Manuel Vidal/Pool EPA
Pelatih Portugal Fernando Santos.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Pelatih timnas Portugal Fernando Santos lega telah berhasil mengantarkan timnya lolos ke Piala Dunia 2022. Ia menyebut pasukannya layak mendapat pujian dari para pendukung mengingat kepastian mereka lolos ke Qatar didapatkan dengan kerja keras. Portugal bakal beraksi di Qatar akhir tahun ini selepas menang 2-0 atas Makedonia Utara pada final playoff Jalur C Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Estadio do Dragao, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB.

"Saya harus memberi selamat kepada para pemain atas sikap fantastis. Mereka menunjukannya dan kami bangga," kata Fernando Santos dikutip laman UEFA.

Baca Juga

Selepas lolos, Santos langsung memburu target terbaik. Ia berharap timnyya bisa bertahan di posisi terjauh dan mengangkat trofi Piala Dunia 2022.

"Saya telah memenangkan dua kompetisi dan saya bermimpi banyak untuk memenangkan yang ketiga," kata pelatih gaek ini merujuk keberhasilannya membawa Portugal juara Euro dan UEFA Nations League.

Bruno Fernandes jadi pahlawan Selecao das Quinas. Ia aktor kemenangan Portugal lantaran sukses menyarangkan dua gol ke gawang Makedonia Utara.

Pelatih berusia 67 tahun itu mengingat Makedonia Utara bermain dengan sangat rapi, yang membuat lini gedor Portugal kesulitan mencari ruang.

"Dalam sepuluh menit pertama kami tidak bisa melakukannya dengan benar. Saya mengatakan, Makedonia Utara ini tahu cara bermain. Namun, ada semangat saling membantu dan dukungan besar dari para penggemar yang membuat kami memastikan tiket lolos," kata Santos.

Santos bangga dengan pencapaian anak asuhnya mengingat rakyat Portugal bisa kembali mendukung negaranya di Piala Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement