Rabu 30 Mar 2022 09:54 WIB

Tiga Perusahaan Swasta Akuisisi Nielsen Senilai Rp 229,504 Triliun

Nielsen memiliki pendapatan global tahunan sekitar Rp 50,204 triliun.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
AC Nielsen
Foto: slideshare.net
AC Nielsen

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekelompok investor ekuitas swasta yang dipimpin oleh Evergreen Coast Capital Corp mengakuisisi Nielsen dengan harga 16 miliar dolar AS atau setara Rp 229,504 triliun (kurs Rp 14.344 per dolar AS). Nilai akuisisi yang juga mencakup utang perusahaan ini disepakati sekitar seminggu setelah perusahaan pengukuran media menolak tawaran yang lebih kecil awal bulan ini.

Seperti dilansir dari laman AP, Rabu (30/3/2022), melihat data yang dikumpulkan oleh Nielsen memainkan peran besar dalam menentukan miliaran dolar iklan dihabiskan setiap tahun. Nielsen memiliki pendapatan global tahunan sekitar 3,5 miliar dolar AS atau setara Rp 50,204 triliun.

Baca Juga

Sekelompok investor ekuitas swasta yang dipimpin oleh Evergreen Coast Capital Corp., afiliasi Elliott Investment Management LP, dan Brookfield Business Partners LP bersama dengan mitra institusional akan membayar 28 dolar AS setiap saham Nielsen yang beredar.

Mitra Bisnis Brookfield akan menginvestasikan sekitar 2,65 miliar dolar AS melalui ekuitas pilihan, yang dapat dikonversi menjadi 45 persen dari ekuitas umum Nielsen. Adapun versi ekuitas dari kesepakatan itu bernilai lebih dari 10 miliar dolar AS tunai, dengan sisa utang dipegang oleh Nielsen.

Brookfield mengatakan bahwa mereka mengantisipasi investasi sekitar 600 juta dolar AS, dengan sisa dana didanai dari mitra institusional.

Nielsen Holdings Plc, yang berbasis di New York City, menolak tawaran grup sebelumnya, dengan mengatakan bahwa itu secara signifikan meremehkan bisnis. Tawaran itu bernilai 25,40 dolar AS per saham, atau sekitar sembilan miliar dolar AS sebelum asumsi utang. 

Setelah menerima revisi, saham Nielsen melonjak 22 persen pada bel pembukaan. Saham mengakhiri perdagangan reguler naik 20,3 persen pada 26,72 dolar AS per saham.

Nielsen mendapat kecaman karena gagal menciptakan metode baru untuk menangkap jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk menonton layanan streaming, seperti Netflix atau Hulu. Hal ini telah menjadi tugas yang jauh lebih kompleks karena orang sekarang memuat konten ke ponsel, tablet, dan perangkat pintar lainnya.

Nielsen berusaha untuk mengatasi keluhan tersebut dan diharapkan untuk meluncurkan alat pengukuran lintas media baru pada akhir tahun. Nielsen One, menurut perusahaan, dapat memberikan metrik yang lebih sebanding dan komprehensif di seluruh platform mulai dari televisi tradisional hingga sejumlah layanan digital dan streaming lainnya.

Dewan petinggi Nielsen telah memberikan suara bulat untuk mendukung tawaran yang direvisi, dan perusahaan akan go private jika transaksi ditutup.

Namun ada periode go-shop 45 hari, Nielsen dapat melihat dan menerima penawaran lain, tetapi melanggar perjanjian dengan grup ekuitas swasta akan dikenakan biaya penghentian 102 juta dolar AS.

Kesepakatan itu diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini. Hal itu masih membutuhkan persetujuan dari pemegang saham dan regulator Nielsen.

sumber : AP
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement