Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M farid wafi Husnul khuluq

Batik tulis desa Bocek yang mendunia

Gaya Hidup | Wednesday, 30 Mar 2022, 07:40 WIB

Siapa yang tidak mengenal batik tulis?. Batik tulis merupakan mahakarya yang dibuat dengan mencanting kain dengan lilin malem sesuai motif dan pola tertentu. Hasil motif yang disuguhkan oleh batik tulis terbilang unik karena setiap batik memiliki sabetan garis yang berbeda beda sehingga membuat batik tulis unik. Karena keunikannya inilah membuat batik tulis disukai oleh banyak orang.

Desa bocek merupakan desa yang terletak di Kec. Karangploso Kab. Malang. Batik tulis bocek memiliki motif khas tersendiri. Kebanyakan motifnya mengandung unsur hasil bumi seperti cabai dan kopi. Pengerjaan batik bocek sendiri paling cepat 7 hari.

Bu Uswatun selaku pelaku usaha batik di desa bocek mengekspor batiknya ke luar negri. Beliau pernah mengekspor batiknya ke Amerika, Brazil, Malaysia, dan Thailand. "Banyak pesanan datang dari orang Indonesia yang tinggal disana" ujar beliau.

Dikarenakan pandemi seperti sekarang penjualan batik desa bocek mulai menurun. Hal ini membuat Batik desa bocek mulai redup. Bu Uswatun berharap setelah pendemi berakhir batik desa Bocek bisa di ekspor lagi sehingga dapat mengenalkan batik khas bocek ke seluruh dunia .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image