Rabu 30 Mar 2022 07:08 WIB

Ronaldo Bersyukur dan Berterima Kasih Portugal Lolos ke Piala Dunia Qatar

Portugal memastikan langkah ke Qatar usai menaklukkan Makedonia Utara 2-0.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
 Cristiano Ronaldo dari Portugal.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO COTRIM
Cristiano Ronaldo dari Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cristiano Ronaldo mengucap syukur setelah Portugal mengamankan tempat di Piala Dunia Qatar 2022. Penyerang Manchester United itu menegaskan Portugal berada di tempat yang tepat setelah memastikan diri lolos kualifikasi lewat jalur playoff.

Portugal berjuang menghindari nasib yang dialami oleh Italia, yang menderita kekalahan yang mengejutkan dari Makedonia Utara pekan lalu dan membuat mereka gagal berangkat ke Qatar. Portugal mengalahkan Turki 3-1 pada playoff pertama untuk bertemu Makedonia Utara pada Rabu (30/3/2022) dini hari WIB. Dua gol Bruno Fernandes memastikan kemenangan Portugal 2-0 untuk lolos ke Piala Dunia, akhir tahun ini.

Baca Juga

"Tujuan tercapai, kami berada di Piala Dunia Qatar, kami berada di tempat yang seharusnya," kata Ronaldo melalui Instagram pribadinya, dikutip dari Metro, Rabu (30/3/2022). "Terima kasih kepada semua orang Portugis atas dukungan yang tak kenal lelah! Untuk Portugal," tambahnya.

Kemenangan untuk Portugal berarti mereka sekarang lolos ke Piala Dunia untuk kai keenam berturut-turut. Ronaldo yang berusia 37 tahun di ambang berlaga pada turnamen besar antarnegara itu untuk kelima kalinya dan berpotensi menjadi yang terakhir pada November nanti.

Pelatih Portugal Fernando Santos berharap menambah jumlah trofi yang sudah diraihnya bersama Selecao das Quinas. Portugal sebelumnya juara Euro 2016 dan Liga Bangsa-Bangsa 2019.

"Saya sudah memenangkan dua turnamen dan saya berharap bisa memenangkan yang ketiga di Qatar," kata Santos. "Itu kemenangan dan kelolosan yang pantas dan adil. Saya tidak ingat situasi mencetak gol yang bagus untuk tim mereka," jelas Santos seolah menegaskan dominasi timnya.

Portugal kemungkinan akan menjadi salah satu unggulan teratas saat undian resmi Piala Dunia dilakukan pada Jumat (1/4/2022).

Sedangkan Fernandes tak membesarkan kontribusi dua golnya. "Yang paling penting adalah Portugal menang. Semua orang punya ambisi, tak terkecuali Cristiano dan saya. Biasanya dia mencetak gol dan saya membantu, tapi hari ini sebaliknya," kata Fernandes merujuk assist CR7 pada satu golnya.

“Bagi saya, hal terpenting adalah membantu tim – jika memungkinkan dengan gol. Tentu saja kita semua suka mencetak gol di setiap pertandingan, entah itu pertandingan yang paling penting atau yang paling tidak penting," jelasnya.

"Saya mengingat ide pelatih kami dan mungkin itulah mengapa saya mencetak dua gol ini, dari melakukan apa yang diminta pelatih dari saya," tegas Fernandes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement