Selasa 29 Mar 2022 22:46 WIB

6 Kebiasaan Sehat di Malam Hari Bantu Turunkan Berat Badan

Pola hidup sehat di malam hari berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Pola hidup sehat di malam hari berpengaruh terhadap penurunan berat badan.
Foto: www.freepik.com
Pola hidup sehat di malam hari berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan dan olahraga telah menjadi dua komponen kunci keberhasilan penurunan berat badan. Namun, hal lain yang juga dapat membantu dan dapat berdampak besar adalah pola tidur.

Banyak kebiasaan tidak sehat yang bisa membuat sulit menurunkan berat badan. Misalnya, ngemil sambil menonton televisi di malam hari, atau berselancar media sosial terlalu lama sebelum tidur.

Baca Juga

Jika berpikir untuk menurunkan berat badan, inilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk dan mulai menerapkan beberapa kebiasaan baru yang lebih sehat, seperti dilansir dari Health Digest, Selasa (29/3/2022).

1. Tidur cukup

Kurang tidur dari anjuran yang diharuskan, dapat meningkatkan peluang untuk mengalami kenaikan berat badan dan obesitas. Ini juga dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berkalori tinggi. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya tujuh jam atau lebih setiap malam. Sementara itu, anak-anak dan remaja sebaiknya tidur delapan sampai 10 jam per malam untuk menjaga pola hidup sehat.

Dalam satu penelitian yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine, pelaku diet yang tidur 8,5 jam kehilangan lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang hanya tidur 5,5 jam. Kendati mereka semua menjalani diet rendah kalori yang sama. 

 

2. Tidur di tempat yang sejuk dan gelap

Menyalakan lampu dapat memengaruhi ritme sirkadian, pengatur metabolisme dan dapat meningkatkan kemungkinan pertambahan berat badan, menurut Sleep Foundation). Jika mematikan lampu, maka orang memiliki peluang lebih baik untuk menurunkan berat badan.

Menurut penelitian di American Journal of Epidemiology, wanita yang tidur di kamar gelap cenderung tidak mengalami obesitas dibandingkan wanita yang tidur di kamar yang lebih terang. 

 

3. Batasi asupan kafein 

"Minum kopi sebelum tidur dapat merugikan bagi yanh ingin tidur nyenyak," menurut Healthyfully. Ternyata, kafein dapat tetap berada di tubuh hingga enam jam setelah dikonsumsi, menurut sebuah studi di Journal of Medical Sleep Medicine. Ini dapat berdampak signifikan pada tidur, dan kualitas tidur yang baik dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement