Selasa 29 Mar 2022 22:12 WIB

Hadapi Ramadhan, Stok Bahan Pokok di Bandar Lampung Aman

Stok bahan pokok aman, meski ada sedikit kenaikan harga.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Fuji Pratiwi
Pedagang melayani pembeli sayuran-sayuran di pasar (ilustrasi). Menghadapi Ramadhan 1443 H, stok bahan pokok kebutuhan rumah tangga di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, aman dan terkendali.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana
Pedagang melayani pembeli sayuran-sayuran di pasar (ilustrasi). Menghadapi Ramadhan 1443 H, stok bahan pokok kebutuhan rumah tangga di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, aman dan terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Menghadapi Ramadhan 1443 H, stok bahan pokok kebutuhan rumah tangga di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, aman dan terkendali. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bandar Lampung telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah gudang bahan pokok, Selasa (29/3/2022).

Tim DKP Bandar Lampung mendatangi gudang, agen, dan distributor bahan pokok yang menjadi kebutuhan primer rumah tangga terlebih memasuki Ramadhan sekira 3-4 hari lagi. Tim mengunjungi gudang, agen, dan distributor bawang merah di Pasar Kangkung (Telukbetung Selatan), Pasar Induk Tamin (Tanjungkarang Barat), juga gudang bawang merah di Rajabasa.

Baca Juga

Tim juga mendatangi gudang bahan pokok toko Nanang di Jalan Agus Salim Gedung Air. Setelah itu, tim melihat distribusi daging sapi yang berada di Jalan Pasir Gintung, Durian Payung, Ketapang, Panjang. Tim juga mendatangi pasar-pasar tradisional untuk memantau ketersediaan seperti beras, telur ayam, dan sayur mayur.

Kepala Bidang Ketersediaan Pangan DKP Bandar Lampung Elvina Lubsolia mengatakan, berdasarkan sidak tim DKP ke sejumlah gudang, agen, dan distributor, stok pangan bahan pokok untuk menghadapi Ramadhan tersedia aman. "Stok aman dan cukup sampai Ramadhan nanti," kata Elvina Lubsolia di Bandar Lampung, Selasa (29/3/2022).

Ia mengatakan, stok pangan dan bahan pokok cukup untuk kebutuhan selama Ramadhan mendatang. Di antaranya, beras, telur ayam, daging sapi, bawang, cabai, jagung, kedelai, dan sayur mayur lainya. Menurut dia, dari hasil sidak hari ini, stok aman dan distribusi lancar.

Mengenai harga bahan pokok menjelang Ramadhan, ia mengatakan ada kenaikan beberapa bahan pokok seperti telur, daging sapi, dan bawang, serta cabai. Namun, ujar dia, kenaikan harganya tidak signifikan yang berlangsung drastis.

Sedangkan pemantauan dari pengunjung pasar tradisional, ia mengklaim masih normal tidak terjadi penurunan. Tidak ada trend penurunan daya beli masyarakat apalagi sudah dekatnya Ramadhan.

Pemantauan Republika.co.id di Pasar Kangkung dan Pasar Tamin Kota Bandar Lampung, Selasa (29/3/2022), terjadi kenaikan harga terutama pada telur ayam, daging sapi, cabai merah, bawang merah, dan tentunya minyak goreng.

Saat ini, mendekati bulan puasa, harga daging sapi menembus Rp 130.000 per kg, padahal sebelumnya Rp 125.000 per kg. Telur ayam dari Rp 21.000 menjadi Rp 22.000 per kg, cabai merah dari Rp 38 ribu menjadi RP 40 ribu per kg. Cabai rawit dari Rp 43 ribu menjadi Rp 45 ribu per kg. Sedangkan aneka sayuran lainnya mengalami kenaikan kisaran Rp 1.000 sampai Rp 1.500 per kg.

Komoditas lainnya seperti bawang merah harganya naik dari Rp 32.000 menjadi Rp 35 ribu per kg, dan bawang putih dari Rp 25.000 menjadi Rp 27.000 per kg. Kenaikan harga terjadi pada sayur mayur, seperti kol, tomat, terong, wortel, dan kacang panjang. Sementara harga minyak goreng kemasan berkisar Rp 20.000 sampai Rp 23.000 per liter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement