Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Lima Hari Jelang Puasa, Ini Bahan Pokok yang Mulai Dikejar Konsumen

Selasa 29 Mar 2022 20:20 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kanan) berbincang dengan pedagang sayuran saat berkunjung di Pasar Senen Blok III, Jakarta. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), menyampaikan, lima hari menjelang Ramadhan, beberapa komoditas mengalami sudah mengalami kenaikan dan mengalami peningkatan  permintaan. Komoditas tersebut antara lain Bawang putih, daging dan telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng serta daging sapi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kanan) berbincang dengan pedagang sayuran saat berkunjung di Pasar Senen Blok III, Jakarta. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), menyampaikan, lima hari menjelang Ramadhan, beberapa komoditas mengalami sudah mengalami kenaikan dan mengalami peningkatan permintaan. Komoditas tersebut antara lain Bawang putih, daging dan telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng serta daging sapi.

Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
IKAPPI menyebut harga bahan pokok sulit tidak naik karena penurunan distribusi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), menyampaikan, lima hari menjelang Ramadhan, beberapa komoditas mengalami sudah mengalami kenaikan dan mengalami peningkatan  permintaan. Komoditas tersebut antara lain Bawang putih, daging dan telur ayam ras, gula pasir, minyak goreng serta daging sapi.

Wakil Sekretaris Jenderal bidang Kebijakan Publik, Ikappi, Teguh Setiawan, mengatakan, akibat permintaan yang mulai naik signifikan, beberapa harga komoditas tersebut agak sulit ditahan untuk tidak naik karena ada beberapa faktor.

"Seperti minyak goreng curah dan gula pasir, itu mengalami penurunan intensitas dari distribusi," ujarnya Teguh dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/3/2022).

Ia menjelaskan, minyak goreng curah yang biasanya setiap pekan dikirim tiga hingga empat kali, saat ini hanya dikirim dua kali. Sementara gula mengalami penurunan distribusi hingga 40 persen.

Adapun soal harga, minyak goreng curah untuk saat ini masih tembus hingga Rp 19 ribu-Rp 20 ribu per liter sedangkan gula pasir di kisaran Rp 15 ribu per kilogram (kg). Lebih lanjut, untuk komoditas bawang putih, daging dan telur ayam ras tercatat mulai mengalami kenaikan permintaan sekitar 30 persen.

Akibatnya, rata-rata harga bawang putih naik dari Rp 33 ribu per kg menjadi Rp 33.900 per kg, daging ayam dari Rp 38 ribu per kg menjadi Rp 39 ribu per kg, sedangkan telur ayam naik tipis dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 25.500 per kg.

"Sedangkan untuk daging sapi dari harga Rp 140 ribu per kg menjadi Rp 141 ribu per kg. Beberapa komoditas ini penting untuk di jaga agar menjelang ramadhan atau H-3 yang biasanya memiliki permintaan hingga 50 persen bisa di antisipasi," ujar dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA