Rabu 30 Mar 2022 05:15 WIB

Suplemen Apa Saja yang Sebaiknya tak Dikonsumsi Bersamaan?

Kombinasi suplemen yang tidak tepat bisa menyebabkan beberapa masalah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka jenis suplemen (Ilustrasi). Kombinasi suplemen yang tidak tepat bisa menyebabkan beberapa masalah.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Aneka jenis suplemen (Ilustrasi). Kombinasi suplemen yang tidak tepat bisa menyebabkan beberapa masalah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi suplemen dapat menjadi salah satu upaya untuk menutupi kekurangan asupan vitamin dan mineral dari asupan makan sehari-hari. Namun, perlu diketahui, tidak semua suplemen bisa dikonsumsi secara bersamaan.

Seperti diketahui, produk suplemen memiliki jenis yang sangat beragam. Sebagian orang mungkin bisa menggunakan lebih dari satu macam suplemen dan mengonsumsinya dalam satu waktu sekaligus.

Baca Juga

Kebiasaan seperti ini perlu diperhatikan, karena ada beberapa suplemen yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan. Kombinasi suplemen yang tidak tepat bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti mengganggu penyerapan mineral hingga memunculkan gejala yang tak biasa.

Setidaknya, ada enam kombinasi suplemen yang sebaiknya tidak dikonsumsi sekaligus. Berikut ini adalah keenam kombinasi tersebut, seperti dilansir Express, Selasa (29/3/2022).

Magnesium dan multivitamin

Ahli gizi Erin Stokes menganjurkan agar suplemen magnesium tidak dikonsumsi bersamaan dengan multivitamin. Kombinasi ini dapat mengganggu penyerapan kandungan mineral dengan jumlah yang lebih sedikit di dalam multivitamin, seperti besi dan zinc.

Stokes juga menganjurkan agar kalsium, magnesium, atau zinc dikonsumsi secara bersamaan. Kombinasi ini bisa membuat masing-masing zat gizi akan bersaing untuk penyerapan.

Vitamin D, E, dan K

Studi menunjukkan bahwa penyerapan vitamin K bisa menurun ketika vitamin tersebut dikonsumsi bersama dengan vitamin larut lemak. Beberapa contoh dari vitamin larut lemak adalah vitamin E dan vitamin D.

Minyak ikan dan ginkgo biloba

Kandungan omega 3 pada minyak ikan serta ginkgo biloba sama-sama memiliki potensi pengencer darah. Bila omega 3 dan ginkgo biloba dikonsumsi bersamaan, ada kemungkinan terjadinya peningkatan risiko perdarahan yang tak terkontrol atau ketidakmampuan untuk membentuk bekuan darah.

Tembaga dan zinc

Orang yang mengonsumsi suplemen tembaga karena mengalami defisiensi tembaga dianjurkan untuk tidak mengasupnya bersamaan dengan zinc. Zinc diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun, namun di saat yang sama juga mengganggu tubuh menyerap tembaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement