Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Timnas U-19 Indonesia Takluk 1-5 dari Korea Selatan

Selasa 29 Mar 2022 19:56 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar

Sejumlah peserta berlatih tanding saat mengikuti seleksi dan pelatihan calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di Stadion Gawali19 se di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (7/4/2021). Seleksi calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 dan U-19 tersebut digelar selama selama dua hari dan diikuti sejumlah pesepak bola dari berbagai klub dan sekolah sepak bola di daerah tersebut.

Sejumlah peserta berlatih tanding saat mengikuti seleksi dan pelatihan calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di Stadion Gawali19 se di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (7/4/2021). Seleksi calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 dan U-19 tersebut digelar selama selama dua hari dan diikuti sejumlah pesepak bola dari berbagai klub dan sekolah sepak bola di daerah tersebut.

Foto: Mohamad Hamzah/ANTARA
Ini merupakan pertemuan kedua bagi kedua tim selama masa uji coba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas U-19 Indonesia kembali bertekuk lutut di hadapan Timnas U-19 Korea Selatan dalam Laga Ujicoba menjelang Piala Dunia U20 2023, Selasa (29/3/2022) sore WIB. Skuad Garuda muda menelan kekalahan 5-1 dari Korea Selatan.

Ini merupakan pertemuan kedua bagi kedua tim selama masa uji coba. Bagi skuad Garuda Muda ini adalah uji coba keempat selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Sebelumnya Indonesia kalah 1-5 dari Yeungnam University serta 0-7 dari Korea Selatan dan menang 2-1 dari Daegu University.

Ronaldo Kwateh dkk masih kesulitan membendung serangan-serangan dari Korea Selatan. Di babak pertama, Skuad Garuda sudah kebobolan tiga gol lebih dulu. Adapun gol Korea Selatan masing-masing diciptakan oleh dua gol Jung Jonghun di menit ke-9 dan 15, satu gol lainnya dicatatkan oleh Kang Seongjin di menit ke-13.

Skuad Garuda Muda baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-43 melalui gol Marcelino Ferdinan. Marcelino berhasil memaksimalkan umpan silang dari sisi kanan gawang dengan tandukannya yang mengarah ke sudut kanan gawang Lee Seunghwan. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-1, keunggulan bagi Korea Selatan.

Di babak kedua, Korea Selatan masih mendominasi jalannya pertandingan. Tim tuan rumah terus menggempur pertahanan Indonesia. Beruntung bagi Indonesia, beberapa ancaman berhasil digagalkan oleh upaya dari pemain belakang dan kiper pengganti Cahya Supriadi.

Gawang Indonesia kembali kebobolan ketika Korea Selatan mendapat hadiah penalti di menit ke-80. Choi Seongmin yang mengambil alih tendangan titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dengan tendangan panenka yang berhasil mengecoh Cahya. Skor pun berubah 4-1 bagi Korea Selatan.

Indonesia juga sebetulnya berhasil menciptakan beberapa peluang ke gawang Korea Selatan melalui skema serangan balik. Salah satu peluang terbaik dimiliki oleh Marcelino di menit ke-83 saat menerima umpan cantik dari Ferdiansyah di depan kotak penalti. Namun tendangan Marcelino yang berdiri bebas masih bisa diamankan oleh kiper.

Korea Selatan kembali mendapatkan hadiah penalti dari pelanggaran Marcel di kotak terlarang di menit-menit akhir pertandingan. Kali ini, Lee Seungwon yang mengambil alih tendangan penalti dan ia berhasil memaksimalkan tugasnya untuk menambah keunggulan Korea Selatan menjadi 5-1.

Susunan pemain kedua tim:

Korea Selatan: Lee Seunghwan; Ahn Jaemin, Hong Wookhyun, Lee Seungwon; Kang Seongjin, Hwang Doyun, Kang Minjae, Shin kyuwon; Jung Jonghun, Park Hyunbin, Yu Seunghyeon.

Pelatih: Kim Eunjung.

Indonesia: Erlangga (Cahya Supriadi); Kakang Rudianto, Ferari, Kadek Arel, Marcel Januar; Alex Kamuru, Frezy Al Hudafi (Marcelino Ferdinan), Subhan Fajri; Raka Cahyana, Arsa Ahmad (Ferdiansyah), Ronaldo Kwateh.

Pelatih: Shin Tae-yong

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA