Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Tingkatkan Layanan, Kemenag Pesan ke Penghulu Jangan Ada Aduan Masyarakat

Selasa 29 Mar 2022 18:23 WIB

Red: Christiyaningsih

Sepasang pengantin melangsungkan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Bekasi Barat, Jawa Barat. Kemenag meminta penghulu terus menjaga profesionalisme kinerja. Ilustrasi.

Sepasang pengantin melangsungkan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Bekasi Barat, Jawa Barat. Kemenag meminta penghulu terus menjaga profesionalisme kinerja. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Suwandy
Kemenag meminta penghulu terus menjaga profesionalisme kinerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasubdit Bina Kepenghuluan Kementerian Agama Anwar Sa'adi meminta penghulu terus menjaga profesionalisme kinerja. Profesionalisme, ungkap dia, merupakan bagian penting untuk meningkatkan layanan publik.

"Jangan sampai ada dumas atau aduan masyarakat (atas layanan kepenghuluan). Kita akan langsung lakukan klarifikasi dan tindaklanjuti jika ada dumas," ungkap Anwar dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) di Hotel Millennium, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Baca Juga

Upaya peningkatan layanan bisa dilakukan dengan tidak terburu-buru saat melakukan pencatatan pernikahan. Secara khusus, Anwar berharap penghulu menyiapkan waktu untuk memberikan nasihat dan mendoakan pengantin usai akad nikah.

"Jangan terburu buru saat menikahkan. Berikan pengantar, nasihat, dan doakan pengantin dengan khusyuk," harapnya.

Di hadapan perwakilan Pengurus Wilayah APRI 34 provinsi, Anwar juga mengingatkan pentingnya disiplin dalam menjalankan tugas. Menurutnya, kedisiplinan merupakan kunci keberkahan. "Penghulu itu jabatan berkah karena banyak yang mendoakan, apalagi kalau datangnya tepat waktu," jelas Anwar.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA