Selasa 29 Mar 2022 18:10 WIB

Southgate Tetap Yakin dengan Kemampuan Harry Maguire Meski Hujan Cacian

Southgate mengakui, Maguire memang tengah menghadapi situasi yang sulit di klub.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester United Harry Maguire merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leeds United dan Manchester United, di Stadion Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad, 20 Februari 2022.
Foto: AP/Jon Super
Pemain Manchester United Harry Maguire merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leeds United dan Manchester United, di Stadion Elland Road di Leeds, Inggris, Ahad, 20 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, menyatakan masih percaya dengan kemampuan Harry Maguire untuk tampil di level tertinggi, termasuk saat dipercaya mengawal lini belakang The Three Lions. Southgate pun membeberkan pencapaian bek tengah Manchester United itu bersama Timnas Inggris. 

Dalam beberapa pekan terakhir, Maguire memang terus menjadi sorotan. Pangkalnya, performa mengecewakan bek termahal sejagat itu bersama United. Maguire kerap melakukan blunder dan sering menyulitkan rekan-rekan setimnya, baik lewat operan ataupun pengambilan posisi. 

Baca Juga

Mantan bek Leicester City itu dianggap menjadi biang keladi kegagalan United mencatatkan clean sheet di tiga laga terakhir di semua ajang. Tidak hanya oleh pendukung tim lawan, Maguire juga terkadang menjadi bahan cemoohan dan ejekan supporter United di dunia maya. 

Southgate mengakui, Maguire memang tengah menghadapi situasi yang sulit di level klub. Namun, kondisi ini tidak serta merta mengurangi keyakinan Southgate terhadap kemampuan bek tengah berusia 29 tahun tersebut. Menurut Southgate, pencapaian Maguire di dua turnamen major terakhir sudah cukup menjadi bukti. 

''Dia berhasil mengantarkan Timnas Inggris tampil di babak semifinal Piala Dunia 2018 dan partai final Piala Eropa 2020. Jadi, tidak ada keraguan sama sekali soal kemampuan dia untuk tampil di level tertinggi. Mungkin, saat ini, dia tengah menghadapi situasi sulit di klub. Namun, ada banyak penyebab munculnya situasi tersebut,'' kata eks pelatih Middlesbrough tersebut seperti dilansir The Independent, Selasa (29/3/2022). 

Selain berhasil mengantarkan The Three Lions, Maguire juga masuk dalam starting line-up terbaik gelaran Piala Eropa 2020. 

Maguire menjadi pemain Inggris ketiga, selain Kylie Walker dan Raheem Sterling, yang terpilih dalam tim terbaik Piala Eropa 2020. Rencananya, Timnas Inggris akan menghadapi Pantai Gading dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB. 

Setelah tidak diturunkan saat Inggris membungkam Swiss, 2-1, di laga persahabatan, akhir pekan lalu, Maguire kemungkinan besar akan diturunkan Southgate di laga ini. Terlebih, John Stones telah meninggalkan pemusatan latihan Timnas Inggris lantaran dikabarkan mengalami cedera ringan. 

Laga kontra Pantai Gading ini akan menjadi salah satu persiapan The Three Lions untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Pantai Gading diketahui menjadi tim pertama dari luar Eropa yang akan dihadapi Inggris sejak 2018 silam, tepatnya saat berduel dengan Amerika Serikat di laga uji coba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement