Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Alves Menaruh Kekaguman Mendalan Terhadap Trent Alexander-Arnold

Selasa 29 Mar 2022 15:33 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Liverpool Trent Alexander-Arnold beraksi pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea FC dan Liverpool FC di London, Inggris, Senin (3/1) dini hari WIB.

Pemain Liverpool Trent Alexander-Arnold beraksi pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea FC dan Liverpool FC di London, Inggris, Senin (3/1) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/VICKIE FLORES
Selain Alexander-Arnold, Reece James dan Hakimi juga menarik perhatiannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Bek kanan Barcelona, Dani Alves, mengungkapkan kekagumannya terhadap bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold. Alves, yang kerap disebut-sebut salah satu bek kanan terbaik sepanjang sejarah, menilai, Alexander-Arnold memiliki kemampuan sebagai pemain kelas dunia. 

Sejak mulai merumput di Eropa bersama Sevilla pada 2002, Alves langsung mencuri perhatian terutama dalam kemampuannya di sisi kanan lapangan. Tidak hanya solid dalam bertahan, bek kanan berusia 38 tahun itu juga mumpuni dalam membantu serangan dengan menyisir sisi kanan pertahanan. 

Baca Juga

Pos bek kanan utama di sejumlah klub-klub besar Eropa, mulai dari Barcelona, Juventus, Paris Saint-Germain, pun pernah menjadi milik Alves. Kini, pemain dengan gelar juara terbanyak di sepanjang sejarah sepakbola itu tengah melakoni kesempatan kedua memperkuat Blaugrana. 

Kemunculan pemain muda yang tampil impresif dalam mengisi posisi kanan dalam beberapa tahun terakhir ternyata menarik perhatian Alves. Pemain asal Brasil itu menyebut, setidaknya ada tiga bek kanan muda yang tampil menonjol. 

Selain Alexander-Arnold di Liverpool, Reece James dan Achraf Hakimi juga menarik perhatian Alves. Namun, dari tiga nama tersebut, Alves mengaku paling terkesan dengan Alexander-Arnold. 

''Saya mengagumi Alexander-Arnold. Dia pesepakbola yang fantastis. Pemain ini memiliki kemampuan pemain kelas dunia,'' kata Alves dalam wawancara dengan Four Four Two seperti dilansir Mirror, Selasa (29/3). 

Dalam usia baru menginjak 23 tahun, Alexander-Arnold sudah berhasil meraih nyaris semua gelar juara di level klub, mulai dari Liga Primer Inggris, Piala Liga Inggris, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antar Klub. Tidak hanya itu, Alexander-Arnold pun terbukti menjadi andalan di lini belakang The Reds. 

Pemain yang mengawali debut bersama tim utama Liverpool pada awal musim 2016/2017 itu telah mengemas 214 penampilan bersama The Reds di semua ajang. Salah satu kemampuan terbaik Alexander-Arnold adalah akurasi umpan lambung. Dengan kemampuan ini, Alexander-Arnold ini mampu membantu serangan dan menorehkan assist. 

Tercatat, dari 214 penampilan di semua ajang, Alexander-Arnold telah mengemas 60 assist, termasuk 17 assist pada musim ini. Kendati mengagumi kemampuan Alexander-Arnold, Alves tetap memuji performa James bersama Chelsea dan Hakimi saat mengawal sisi kanan pertahanan Paris Saint Germain (PSG). James dan Hakimi dinilai mampu memadukan kemampuan teknik dan kondisi fisik yang prima. 

''Saya juga suka melihat penampilan James dan Hakimi. Mereka mampu memadukan kemampuan teknik dan kekuatan. Mereka juga pemain luar biasa. Tiga pemain ini tentu memiliki karakter dan gaya permainan berbeda, tapi mereka tahu caranya menyelesaikan tugas dengan baik di atas lapangan,'' kata pemain yang telah mengoleksi 47 gelar juara di level senior tersebut.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA