Selasa 29 Mar 2022 14:56 WIB

AHY Ungkap Bicarakan Koalisi dengan Nasdem untuk Pilpres 2024

Ketua Umum Demokrat AHY mengungkap koalisi dengan Partai Nasdem di Pilpres 2024.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Usai pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, koalisi untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 disebut menjadi salah satu topik pembicaraan.

"Ya (membicarakan koalisi), kami tentu membuka peluang itu. Saling membuka peluang. Nasdem membuka peluang, Demokrat membuka peluang," ujar AHY di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga

Partai Demokrat dan Nasdem, jelas AHY, memiliki visi kebangsaan yang sama. Persamaan tersebut menjadi langkah awal terbukanya peluang koalisi di kontestasi nasional yang lebih besar.

"Jelas kami memiliki kesepakatan kalau memang banyak titik temunya dibanding perbedaannya. Kita juga punya visi-misi serupa, tentunya sangat terbuka peluang untuk berkoalisi," ujar AHY.

Kendati demikian, AHY menyebut bahwa pertemuan antara Partai Demokrat dan Partai Nasdem belumlah membahas sosok calon presiden yang akan diusung. Masih banyak pertimbangan untuk memutuskan hal tersebut.

"Kita belum bicara sejauh itu, itu juga kita hindari untuk terlalu pagi kita berbicara yang saling seolah-olah mengunci. Karena itu semua banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan diukur," ujar AHY.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali menyebut adanya kesepakatan dengan Partai Demokrat ntuk menghadapi Pemil 2024. Kedua partai disebutnya memiliki visi kebangsaan yang sama.

"Pastinya Nasdem dan Demokrat telah terjadi kesepakatan. Kesepakatan untuk melakukan persiapan menghadapi Pemilu 2024," ujar Ali.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa ihwal koalisi untuk Pemilu 2024 masih sangat cair. Partai Nasdem pun tak menutup pintu koalisi dengan partai selain Partai Demokrat.

"Semua partai masih dinamis, yang pasti bahwa Demokrat Nasdem sama-sama partai politik yang punya visi kebangsaan yang sama. Sehingga peluang untuk melakukan koalisi pada pemilu semua terbuka," ujar Ali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement