Selasa 29 Mar 2022 14:17 WIB

Bupati Serang: MTQ Harus Jadi Ajang Pengamalan Alquran

MTQ juga harus menjadi ajang silaturahmi umat Islam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar Musbaqah Tilawatil Quran ke 52 dengan sederhana seiring pandemi Covid-19 di Hotel Marbela Anyer, Senin-Rabu (28-30/3/2022).
Foto: istimewa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar Musbaqah Tilawatil Quran ke 52 dengan sederhana seiring pandemi Covid-19 di Hotel Marbela Anyer, Senin-Rabu (28-30/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar Musbaqah Tilawatil Quran ke 52 dengan sederhana seiring pandemi Covid-19 di Hotel Marbela Anyer, Senin-Rabu (28-30/3/2022). Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berpesan agar MTQ tetap menjadi ajang untuk menguatkan umat dalam mengamalkan Alquran. 

“Alquran berisi nilai keimanan dan ketaqwaan, sumber ilmu pengetahuan, falsafah hidup, pesan moral yang luhur. Maka MTQ harus jadi ajang pengamakan Alquran, agar kita semua bisa bahagia dunia dan akherat,” kata Tatu dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022). 

Baca Juga

Menurut Tatu, MTQ juga harus menjadi ajang silaturahmi umat Islam, untuk memperkuat persatuan, dan dalam rangka dakwah Islam. “Saat penyelanggaraan MTQ, ulama dan umara atau pemerintah bersatu menciptakan dan menguatkan generasi Islami,” ujarnya.  

Tatu berpesan, kepada para dewan hakim agar menjalankan kewajiban secara profesional. Hal ini agar yang terpilih sebagai pemenang, mampu mewakili Kabupaten Serang di tingkat MTQ Provinsi Banten dengan baik. “Agar kegiatan kita juga maslahat atau bermanfaat bagi umat. Kita harus mempersiapkan diri untuk bisa meraih juara umum pada MTQ tingkat Provinsi Banten,” ujarnya. 

Dalam meningkatkan generasi Islami, Pemkab Serang memberikan program beasiswa bagi para penghafal Alquran, juga dukungan pendidikan untuk pondok pesantren. Selain itu, pemberian dana hibah untuk pembinaan para qari dan qariah. “Dalam proses pembangunan, pendidikan keagamaan adalah landasan dasar yang harus kita jalankan bersama,” ujarnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang hadir pada pembukaan MTQ tersebut menilai, pelaksanaan MTQ di setiap daerah saat ini digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19 masih terjadi. “Namun di dalamnya, untuk menguatkan syiar Islam. Dalam pelaksanaanya pula, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya. 

Andika berharap, peserta MTQ Kabupaten Serang mampu berprestasi di tingkat provinsi. Kembali merebut juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten yang saat ini dipegang oleh Kota Tangerang Selatan. “Saya optimisis, Kabupaten Serang bisa merebut juara umum tingkat provinsi. Apalagi pembinaan yang dilakukan Ibu Bupati Serang sangat luar biasa,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement