Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Enam Mitos tentang Wanita Muslim dan Faktanya

Rabu 30 Mar 2022 00:25 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Muslim muda Inggris. Ilustrasi Muslimah. Enam Mitos tentang Wanita Muslim dan Faktanya

Muslim muda Inggris. Ilustrasi Muslimah. Enam Mitos tentang Wanita Muslim dan Faktanya

Foto: Reuters/Olivia Harris
Dalam Islam, wanita memiliki kedudukan yang sama dengan pria.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Seorang mualaf keturunan Perancis-Amerika Theresa Corbin mengisahkan pertemuannya dengan Islam yang di luar bayangannya. Terutama terkait citra Islam dalam memperlakukan wanita yang membuat pandangannya tentang agama ini berubah drastis. 

Theresa yang kini aktif menulis buku-buku keislaman menjelaskan, pertemuannya dengan Islam pertama kali lewat seorang Muslimah India. Pertemuan yang mengantarkannya kepada hidayah Islam di kemudian hari. 

Baca Juga

"Saya menatap mata indah seorang wanita Muslim India yang hanya bisa digambarkan sebagai inspirasi Jasmine dari Aladdin. Saya memperhatikan sopan santunnya, mendengarkan percakapannya yang cerdas dan semangat hidupnya yang riuh dan memutuskan wanita ini berbeda. Dia tidak bisa seperti semua wanita penurut dan tertindas yang menyedihkan dari bagian dunia 'itu,'" katanya. 

Pertemuannya dengan wanita Muslim pertama kali itu justru membuatnya heran karena berbeda jauh dengan bayangannya. Sebelumnya, ia membayangkan wanita Muslim adalah orang-orang di bawah keterpaksaan dan tidak bebas dengan menggunakan penutup rambut dan tubuhnya. 

"Ketika saya mengenal wanita misterius ini, yang saya pikir telah menentang semua tradisi agama dan budayanya, saya menyadari gagasan tentang dia adalah bagian dari kesalahpahaman saya sendiri, dan semua mitos yang saya anggap benar tentangnya," jelasnya.

Setelah bertemu dengan wanita Muslim secara langsung dan mempelajari Islam, Theresa kemudian menyebut ada beberapa mitos terkait citra Muslimah. Sesuatu yang berbanding terbalik dengan fakta sebenarnya. Adapun mitos-mitos tersebut adalah sebagai berikut, seperti dilansir dari About Islam, Sabtu (26/3/2022).

Mitos wanita lebih rendah derajatnya dari pria

Ketika Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, wanita tidak didefinisikan seperti yang telah terjadi di banyak masyarakat dan agama sebelumnya. Dia bukan versi pria yang dimutilasi, seperti yang diklaim orang Yunani. 

Wanita juga tidak memikul tanggung jawab atas kejatuhan manusia, seperti yang diputuskan oleh pria dalam agama lain. Dia tidak dibunuh atau ditinggalkan hanya karena jenis kelaminnya.

Dalam Islam, wanita adalah mukmin bagi dirinya sendiri. Tuhan memberi tahu kita wanita memiliki kedudukan yang sama dengan pria: "Aku tidak akan menyia-nyiakan amal salah seorang di antara kalian, baik laki-laki maupun perempuan, masing-masing sama. (QS. Ali Imran: 195)

Tidak ada superioritas spiritual dalam peran laki-laki atau peran perempuan. Laki-laki dan perempuan saling melengkapi satu sama lain dan tidak boleh didefinisikan dalam hubungan satu sama lain, kecuali dengan ketakwaan dan amal soleh. 

photo
Muslimah bersolek. - (Republika.co.id)
 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA