Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Asosiasi Wasit Liga Inggris Pelajari Usulan Wasit Ikut Latihan Bersama Tim

Selasa 29 Mar 2022 10:02 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Wasit Stuart Attwell dan Mohamed Salah (kanan) dalam pertandingan Liga Primer Inggris.

Wasit Stuart Attwell dan Mohamed Salah (kanan) dalam pertandingan Liga Primer Inggris.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Wasit diharapkan makin capak memimpin dan punya relasi makin bagus dengan pemain.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manajer sementara Manchester United (MU) Ralf Rangnick mengajukan usulan menarik. Ia meminta para wasit Liga Primer Inggris ikut berlatih bersama tim-tim peserta untuk meningkatkan kemampuan sekaligus relasi yang lebih baik dengan pemain.

Terdapat kekhawatiran atas kinerja ofisial di Liga Primer. Rangnick dilaporkan telah menyarankan hubungan antara pemain dan ofisial dapat ditingkatkan jika wasit pergi mengunjungiu tempat latihan.

Baca Juga

Laporan Daily Mail, dilansir Talksport, Selasa (29/3), menyebutkan pelatih asal Jerman itu mengajukan wacana tersebut dalam pertemuan baru-baru ini antara manajer dan Manajer Umum Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) alias asosiasi wasit Inggris, Mike Riley, bahwa ofisial harus berlatih dengan klub untuk memungkinkan pemain mengenal mereka.

Laporan tersebut menambahkan bahwa ide Rangnick diterima dengan baik, dengan setiap klub setuju bahwa wasit harus diberikan akses ke fasilitas elite di klub Negeri Ratu Elizabeth.

Dapat dipahami bahwa proposal Rangnick sedang ditinjau oleh PGMOL dan itu bisa terjadi pada awal musim depan. Detailnya belum diketahui. Namun diperkirakan langkah itu akan membuat pejabat diizinkan untuk menggunakan fasilitas di klub dan bahkan dapat diizinkan untuk memimpin pertandingan.

Namun, kekhawatiran lainnya juga muncul. Pelatih Liverpool Juergen Klopp, manajer Everton Frank Lampard, Dean Smith dari Norwich City, serta Graham Potter dari Brighton dan Rangnick menekankan perlunya petugas VAR yang berdedikasi.

Mereka dipahami ingin melihat pelatihan intensif dan petugas VAR agar memiliki keahlian yang mumpuni untuk dipilih mengoperasikan sistem. Juga dibahas kebutuhan untuk meninjau penggunaan terminologi VAR yang sangat jelas.

Di sisi lain Smith dan Lampard menyatakan keinginan mereka untuk berbicara dengan wasit setelah pertandingan untuk mendiskusikan keputusan mereka sebelumnya.

Lampard sebelumnya harus menerima kenyataan pahit wasit membuat keputusan yang menguntungkan Manchester City saat berhadapan dengan tim asuhannya Everton.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA