Selasa 29 Mar 2022 06:26 WIB

Kesalahan Menoleh Saat Salam Sholat

Hanya sedikit menoleh ke arah kanan dan ke arah kiri sewaktu mengucapkan dua salam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Sholat di Masjid Istiqlal (ilustrasi). Kesalahan Menoleh Saat Salam Sholat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sholat di Masjid Istiqlal (ilustrasi). Kesalahan Menoleh Saat Salam Sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat salam dalam sholat. Salah satunya yakni mengangkat kepala di saat salam.

Dikutip dari buku 221 Kesalahan dalam Shalat beserta Koreksinya dari Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid, hal yang termasuk kesalahan adalah sebagai berikut.

Baca Juga

Kesalahan: Sebagian orang yang sholat ada yang jika mengucapkan salam setelah imamnya atau mengucapkan salam sewaktu sholat sendirian, dia menggerakkan kepalanya dengan mengangkat dan merundukkannya dari berpaling ke kanan dan ke kirinya. 

Yang benar: Tidak seyogyanya menggerakkan kepala terangkat dan merunduk sewaktu mengucapkan salam (taslim). Mengingat hal itu tidak pernah diriwayatkan dari Nabi SAW.

Kesalahan: Hanya sedikit menoleh ke arah kanan dan ke arah kiri sewaktu mengucapkan dua salam. 

Yang benar: Agar orang yang sholat berpaling ke kanan dan ke kiri dengan sempurna sewaktu mengucapkan dua salam yang memungkinkan orang yang ada di belakangnya bisa melihat kedua pipinya. 

Kesalahan: Duduk di atas kedua tumit (bagian belakang kaki) dalam sholat tanpa ada kebutuhan. 

Yang benar: Agar orang yang sholat duduk dengan posisi iftirasy sewaktu duduk di antara dua sujud dan tasyahud awal, dan duduk dengan posisi tawarruk pada waktu tasyahud akhir. Adapun jika kebutuhan mendorong atau memaksa agar dia duduk di atas kedua tumitnya, maka itu tidak masalah. Sedang jika tidak ada kebutuhan, maka tidak seyogyanya duduk diatas keduanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement