Senin 28 Mar 2022 22:40 WIB

Pihak Oscar Angkat Bicara soal Insiden Will Smith Tampar Chris Rock

Pihak Oscar Angkat Bicara soal Insiden Will Smith Tampar Chris Rock

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Will Smith dan Jada Pinkett Smith.
Will Smith dan Jada Pinkett Smith.

VIVA – The Academy sebagai pihak penyelenggara Academy Awards akhirnya buka suara terkait insiden Will Smith menampar Chris Rock yang terjadi di panggung Oscar 2022, Minggu, 27 Maret waktu setempat. Melalui akun Twitter resmi mereka, organisasi itu mengatakan "tidak memaafkan kekerasan."

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah siaran langsung Oscar 2022, The Academy secara singkat menanggapi momen yang mengejutkan itu.

"The Academy tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apa pun," ujarnya, dikutip dari laman Ace Showbiz, Senin, 26 Maret 2022.

Kemudian mereka buru-buru mengubah fokus ke pemenang dan menambahkan, "Malam ini kami senang merayakan pemenang Academy Awards ke-94, yang pantas mendapatkan momen pengakuan ini dari rekan-rekan mereka dan pecinta film di seluruh dunia."

 

Tamparan Oscar sendiri rupanya sudah menarik perhatian Departemen Kepolisian Los Angeles, yang juga telah merilis pernyataan. "Entitas investigasi LAPD mengetahui insiden antara dua individu selama program Academy Awards," kata LAPD dalam pernyataan resmi mereka.

Namun, menurut pernyataan itu, Chris Rock telah memutuskan untuk tidak mengajukan tuntutan terhadap Will. 

"Insiden itu melibatkan satu individu menampar yang lain. Individu yang terlibat telah menolak untuk mengajukan laporan polisi," lanjut pernyataan itu.

"Jika pihak yang terlibat menginginkan laporan polisi di kemudian hari, LAPD akan tersedia untuk menyelesaikan sebuah laporan investigasi," ujar mereka.

Momen canggung dan mengejutkan tersebut terjadi saat Chris Rock mempersembahkan penghargaan Best Documentary Feature di Oscar 2022. Dia mulai membuat beberapa lelucon tentang penonton, sebelum mengangguk ke Jada Pinkett Smith dan berkata, "Menantikan ‘G.I. Jane 2’," bercanda tentang rambut istri Will Smith yang dipotong pendek.

 

Smith, yang duduk di sebelah istrinya, kemudian berjalan ke atas panggung dan memukul wajah Rock sebelum kembali ke tempat duduknya. "Will Smith baru saja menamparku," kata alumnus Saturday Night Live itu tampak terperangah.

Sementara itu, Will Smith terdengar mengucapkan, "Jauhkan nama istriku dari mulut sialanmu" dari tempat duduknya. 

"Wow, Bung," jawab Chris, "Itu adalah lelucon G.I. Jane." 

Will Smith mengulangi, "Jauhkan nama istriku dari mulutmu," sebelum Chris melanjutkan untuk mempersembahkan Oscar.

 

Ketika ia memenangkan Aktor Terbaik untuk penampilannya dalam King Richard, Will Smith muncul untuk membandingkan dirinya dengan Richard Williams, yang ia gambarkan dalam film tersebut. 

"Richard Williams adalah pembela keluarga yang tangguh," katanya sambil menangis dalam pidatonya, yang tampaknya membenarkan tindakannya beberapa saat sebelumnya. "

"Saya kewalahan dengan panggilan Tuhan untuk saya lakukan dan berada di dunia ini."

Dia kemudian meminta maaf kepada The Academy dan sesama nominasi sebelum menambahkan tentang film, "Seni meniru kehidupan: Saya terlihat seperti ayah gila, seperti yang mereka katakan tentang Richard Williams. Tapi cinta akan membuat Anda melakukan hal-hal gila."

 

Setelah momen itu menjadi viral, para artis buka suara lewat Twitter untuk membahas insiden tersebut. Putra Will, Jaden Smith, tampaknya membela ayahnya dengan men-tweet, "Dan Begitulah Cara Kami Melakukannya."

Maria Shriver, di sisi lain, tampaknya tidak setuju dengan mengatakan, "Kita seharusnya tidak pernah sampai ke tempat di mana kita duduk dan menonton bintang film memukul seseorang di televisi global, beberapa saat kemudian, mendapatkan tepuk tangan meriah saat berbicara tentang cinta."

Sophia Bush juga tidak menyetujui tindakan Will, dengan mengatakan, "Kekerasan tidak boleh dilakukan. Penyerangan tidak pernah menjadi jawaban. Ini adalah kedua kalinya Chris mengolok-olok Jada di panggung #Oscars, & malam ini dia mengejar alopecianya. Menekan penyakit auto-imun seseorang itu salah. Melakukannya dengan sengaja itu kejam. Mereka berdua butuh napas."

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement