Selasa 29 Mar 2022 04:15 WIB

Menlu RI dan Tiga Negara ASEAN akan Kunjungi China

Menlu RI bersama Thailand, Filipina dan Myanmar akan kunjungi China

Press statement Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi seusia menghadiri pertemuan Menlu ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (17/2)
Foto: Republika/fergi nadira
Press statement Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi seusia menghadiri pertemuan Menlu ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (17/2)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bersama tiga menlu anggota ASEAN lainnya, yakni Thailand, Filipina, dan Myanmar, mengunjungi China pada Kamis (31/3/2022) hingga Ahad (3/4/2022).

"Kunjungan keempat menlu ASEAN itu atas undangan anggota Dewan Negara merangkap Menlu China Wang Yi," kata juru bicara Kemenlu China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Senin (28/3/2022).

Menurut jubir, kunjungan tersebut menunjukkan persahabatan yang erat antara China dengan ASEAN dan sangat penting dalam meningkatkan hubungan kerja sama China-ASEAN. Pada November tahun lalu, kedua belah pihak menyelenggarakan peringatan 30 tahun kemitrawicaraan China-ASEAN. Dalam peringatan tersebut, lanjut dia, secara resmi diumumkan Kemitraan Strategis Komperehensif China-ASEAN.

"China berharap kunjungan ini dapat membantu implementasi konsensus yang telah dicapai, meningkatkan Prakarsa Pembangunan Global (GDI), dan menciptakan perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan bersama," kata Wang Wenbin.

Pihak China juga akan bertukar pandangan dengan beberapa pihak terkait dengan isu regional dan internasional terkini. Kunjungan para menlu ASEAN tersebut bersamaan dengan pertemuan beberapa negara tetangga Afghanistan yang juga digelar di China.

Pertemuan yang menghadirkan Menlu Rusia Sergey Lavrov tersebut bakal membahas tentang situasi di Afghanistan. Menlu Panama juga akan mengunjungi China pada Senin (4/4), demikian informasi dari MFA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement